Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerajinan Karung Goni Sabet UMKM Terbaik

Dari ajang Festival Pesona Lokal Indonesia yang digelar di Alun Alun Kapuas Kota Pontianak, Kerajinan Karung Goni terpilih menjadi jawara.
Kerajinan Karung Goni Sabet UMKM Terbaik/Caroline
Kerajinan Karung Goni Sabet UMKM Terbaik/Caroline

Bisnis.com, PONTIANAK - Dari ajang Festival Pesona Lokal Indonesia yang digelar di Alun Alun Kapuas Kota Pontianak, Kerajinan Karung Goni terpilih menjadi jawara.

Pengrajin karung goni, Yoga Chandra mengaku tidak menyangka mendapatkan juara pertama untuk kategori UMKM. Awalnya ia sempat berkecil hati lantaran menganggap banyak pesaing. Namun ternyata juri menganggap karyanya orisinil dan layak menjadi juara dan mendapatkan uang senilai 10 juta rupiah.

" Awalnya tidak menyangka bisa juara. Banyak yang bagus-bagus. Senang sekali karya saya dihargai dan menjadi pemenang," katanya.

Festiival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian 

Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance. Festival di Pontianak dilakukan serentak dengan Kota Malang, setelah sukses diadakan di Bandung, Solo, Bali, dan Makassar. Kegiatan ini, bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah.

Deputy Director Head of Retail Andi sutanto mengatakan festival ini menghadirkan ragam  budaya dan kearifan lokal Kalimantan dalam berbagai kegiatan antara lain parade karnaval  budaya, lomba mural, lomba kreasi masakan daerah, bazar UMKM dan Pasar Rakyat. 

"Acara festival diawali dengan pawai atau carnaval busana dan budaya. Saya sangat senang melihat antusias dan sambutan hangat dari masyarakat Pontianak. Terlihat dari partisipasi masyarakat yang cukup ramai," ucapnya. 

Parade carnaval budaya mengawali acara tersebut. Setelah itu, ada lomba murwal, lomba kuliner memasak menu khas Kalbar yaitu kwee Riau serta Bazaar UMKM.

Selain berbagai perlombaan, akan diberikan penghargaan khusus yaitu Kota Paling Mempesona dari Kemenpar (Pesona Indonesia), Adira Finance dan iNews kepada kota yang paling baik dan menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan  kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Caroline

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper