Tindik oral merusak gigi dan gusi/3tend.com
Health

Ini Cara Mudah Agar Gigi Anda Tidak Keropos

News Editor
Minggu, 1 Februari 2015 - 01:28
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Paparan asam hasil penguraian sisa makanan dan bakteri dalam mulut secara terus-menerus membuat gigi menjadi keropos.

"Di dalam mulut sebenarnya rentan terjadi pengeroposan gigi. Namun, dalam keadaan normal sebenarnya gigi memiliki pertahanan cukup baik untuk mengatasi pengikisan," kata Research and Innovation Manager Formula Oral Care, Puji Astuti.

Menurut Puji, sejatinya gigi dapat memperbaiki dirinya sendiri melalui mineral-mineral dari air liur (saliva), tetapi jika terpapar asam terus-menerus tentunya gigi tidak punya kesempatan melakukan perbaikan.

Paparan asam yang berlangsung secara terus-menerus terhadap gigi itulah yang kemudian menyebabkan lapisan email gigi menjadi semakin tipis dan kemudian menjadikan gigi keropos.

"Pada dasarnya, gigi keropos disebabkan oleh asam hasil penguraian sisa makanan dan bakteri dalam mulut. Makanya, gigi memerlukan lapisan untuk melindungi gigi dari serangan asam".

Berbeda kondisinya dengan perokok, paparnya, kandungan tar dari rokok sebenarnya lebih membahayakan gigi, sebab semakin lama zat tar akan mengendap dan membentuk lapisan keras di gigi.

"Tar yang mengendap menjadi lapisan keras ini memperparah pengeroposan gigi. Apalagi, di dalam mulut juga menghasilkan paparan asam terhadap gigi hasil penguraian sisa makanan dan bakteri," ujarnya.(ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro