penghasilan melalui monetisasi blog dapat mencapai jutaan rupiah setiap bulannya/ilustrasi
Relationship

Raup Cuan dari Monetisasi Blog

Wike Dita Herlinda
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 14:54
Bagikan

Penghasilan Tambahan

Untuk diketahui, penghasilan tambahan/tetap yang dapat diraup melalui monetisasiblogdapat mencapai jutaan rupiah setiap bulannya. Upaya yang bisa dilakukan untuk monetisasi blog a.l. memasang iklan, mempromosikan produk atau jasa, dan sebagainya.

Terdapat banyak sarana penyedia iklan di media daring, yang menjanjikan penghasilan yang cukup menggiurkan. Salah satu yang paling terkenal adalah Google AdSense. Ada pula IklanBlogger, Sitti, Chitika, Kliksaya, IDBlogNetwork, dan sebagainya.

Pendapatan dari sponsor atau iklan diblogpun bervariasi, tergantung kreativitas dan kualitas halaman masing-masing pengguna. Blog yang biasa-biasa saja, bisa menggaet penghasilan antara Rp50.000-Rp1 juta/bulan atau bahkan lebih.

Namun, untuk blog yang digarap dengan serius, selaluupdate, dan memiliki konten yang berkualitas, pendapatan per bulannya dapat menembus antara Rp3 jutaRp20 juta. Penghasilan itu tidak termasuk konten lain seperti penulisan artikel ataureviewproduk.

Artikel yang cukup baik biasanya dibanderol antara Rp5.000-Rp10.000 per artikel, dengan muatan setidaknya 200-250 kata. Jika artikel yang ditulis sangat baik, presisi, dan presklar, pendapatan yang diraup per tulisan bisa mencapai Rp15.000Rp50.000.

Salah satubloggerIndonesia, Diana Rikasari, mengatakan kehadiran komunitas maupun perusahaan-perusahaan pengembangblogdi Tanah Air adalah sebuah terobosan yang dapat menumbuhkanfemale blogger, tidak hanya dari sisi jumlah tapi juga kemampuan individu.

Bagi saya, hal ini dapat memacufemale bloggeruntuk terus mengasah kemampuannya dalam menulis dan menyajikan visual yang informatif serta otentik bagi pembacanya. Menjadibloggersekarang tidak lagi sekadar hobi, tapi profesi yang menguntungkan dan bisa dijadikan karir profesional, kata pemilik perusahaan sepatu PT Bitdas Indonesia itu.

Bloggerlainnya Fifi Alvianto berpendapat munculnya perusahaan-perusahaan pengembangblogseperti Clozette dan Blogger Babes juga menawarkan kesempatan baru untuk menjalin jejaring profesional bagi para penggiatblog.

Ini membantu parabloggeruntuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas pemasaran yang menarik dan bermanfaat bagi para pembacanya, serta mendukung parabloggeruntuk mengejar aspirasinya sebagaibloggerprofesional, imbuhnya.

Nah, apakah Anda tertarik mencoba memonetisasiblogatauvlog? Siapa tahu, hobi Anda dapat menjadi sumber penghidupan. Sebab, ada yang bilang, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah berpenghasilan dari hobi sendiri ataupassionyang kita geluti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro