JIBI
Health

Pekerja Ini Rentan Terkena Iritasi Mata

Dewi Andriani
Sabtu, 10 Desember 2016 - 10:58
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Bekerja di ruang terbuka memiliki sejumlah resiko gangguan kesehatan. Selain gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh polusi, iritasi mata dan mata merah juga menjadi salah satu gangguan yang paling sering dihadapi para pekerja lapangan.
 
Mereka antara lain para driver mobil, bus, atau sepeda motor, para petani, nelayan, pekerja pabrik, atau profesi lain di lapangan.
 
Beberapa gejala umum yang dialami saat iritasi antara lain gatal terus-menerus, berair, hingga rasa sakit di bagian mata bahkan tak jarang membuat pembengkakan. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas. 
 
Produk tetes mata, tentu menjadi penolong pertama ketika mengalami gangguan seperti ini. Salah satu perusahaan industri farmasi yang juga memproduksi obat tetes mata ialah PT Samie Sahari, produsen tetes mata Lotte yang sudah berproduksi sejak 1980-an.
 
"Para pekerja di jalan raya antara lain para driver mobil atau sepeda motor, para petani, nelayan, pekerja pabrik, atau profesi lain memiliki risiko iritasi mata, dan mereka membutuhkan produk berkualitas namun terjangkau,” ujar Direktur Utama PT Samie Sahari Arifin Soekamto dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (9/12/2016).
 
Dalam setahun terakhir, perusahaan ini melakukan investasi besar untuk upgrade pabrik dan peralatan, serta sumber daya manusia dengan standar mutu yang tinggi.
 
"Kami telah melakukan investasi di pabrik dengan mesin dan peralatan baru dan modern yang full automation, termasuk SDM selama setahun ini, dan kini kita siap kembali menemui konsumen kami yang setia. Tentu kami tetap konsisten dengan visi memproduksi obat bermutu dengan harga terjangkau,” ujarnya.
 
Dikatakan, investasi baru memang menjadi kebutuhan mengingat tidak sedikitnya pemain di lini produk yang sama. Khususnya untuk tetap memastikan standar dan mutu produk sesuai standar Good Manufacturing Practice (GMP) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM).
 
Proses produksi obat tetes mata cukup panjang dan harus konsisten diawasi dengan standar mutu yang tinggi dari awal hingga akhir pengemasan. Air diproses menjadi air murni, selanjutnya penyaringan bakteri dilakukan dengan ULTRA Filtrasi dan disterilisasi lagi dengan teknologi Ozone farmasi. Proses berikutnya adalah mencampur dengan bahan baku obat dan kemudian disaring lagi.
 
“Cairan obat yang telah disaring dengan Micro filter, lalu dikemas dalam botol yang sudah steril. Semua ini dikerjakan di Clean Room,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro