Suasana suatu kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/Antara
Health

Meninggalkan Anak di PAUD, Ini Caranya

Nindya Aldila
Minggu, 5 Maret 2017 - 06:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Keputusan untuk memasukkan anak balita ke sekolah pendidikan usia dini kadang meninggalkan kekhawatiran ketika hendak meninggalkannya. Namun, tip di bawah ini bisa membantu orang tua untuk menghilangkan rasa khawatir itu.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh orang tua anak balita ketika memasukkan anaknya ke pendidikan usia dini atau preschool. Dikutip dari parents.com, ada sekitar lima hal yang harus dipenuhi orang tua ketika hendak meninggalkan anak balita di sekolahnya.

Pertama, reaksi yang buruk pada saat pertama masuk kelas seringkali membuat orang tua kapok dan memilih untuk menghentikan sekolah anaknya. Namun, keputusan itu justru membuat anak kehilangan kesempatan untuk belajar beradaptasi pada situasi yang tidak menyenangkan. Temani anak saat awal masa belajar. Lalu, ucapkan salam perpisahan yang pendek saja sehingga tidak membuat drama di depan sekolah.

Kedua, diskusikan dengan guru di sekolah tentang tanda-tanda ngantuk, lapar atau urusan toilet anak anda agar guru di sekolah bisa mengetahui cara menghadapinya. Selain itu, bicarakan juga mengenai perubahan mood yang mungkin sering anak anda rasakan.

Ketiga, bawakan mainannya untuk menghilangkan rasa khawatirnya meninggalkan rumah. Hal itu bisa membantunya untuk tetap tenang tanpa khawatir berpisah dengan anda.

Keempat, jangan tiba-tiba meninggalkannya. Hal itu akan membuatnya takut dan trauma. Dengan salam perpisahan yang menyenangkan dan tidak terlalu panjang akan membantu anak anda percaya bahwa anda akan kembali menjemputnya.

Kelima, jangan bandingkan anak anda dengan yang lain. Hargailah segiap proses yang anak anda lalui. Biarkan anak anda menangis, biarkan dia mengelola perasaannya. Anak-anak yang tidak menangis ketika ditinggal orang tuanya pergi, bisa jadi dia hanya berpura-pura dan dia akan terbiasa seperti itu terus-menerus sehingga perasaannya tidak peka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro