Musisi Embie C. Noor sedang berdiskusi dengan komposer musik etnik daerah Lampung/Istimewa
Musik

Bantu Siapkan Komposer Musik Etnik, Lampung Datangkan Embie C. Noer

M. Syahran W. Lubis
Selasa, 21 Maret 2017 - 00:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Kesenian Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menggelar Workshop Musik Etnik.

Bengkel Kerja yang mengusung tema: Workshop Konser Karawitan Muda Indonesia ini digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung di Bandar Lampung, pada 18 - 19 Maret lalu.

Workshop yang difasilitasi Kemendikbud ini akan menghadirkan fasilitator Dosen Etnomusikologi Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang juga musisi Embie C. Noer.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung, Sulpakar, didampingi Kabid Kebudayaan Arie Mardie Effend mengatakan Workshop Pelatihan Musik Etnik dilaksanakan dalam rangka persiapan  Konser Musik Tradisi Indonesia.

Lebih lanjut, dikatakannya, workshop yang menghadirkan pakar musik etnik Embi ini merupakan upaya kegiatan untuk pembelajaran tentang membuat komposisi musik tradisionaluntuk diterapkan dalam sebuah komposisi musik iringan tari, gending, lagu atau membuat komposisi instrumental.

“Musik tradisi yang kebanyakan berlaras pentatonis harus tetap dilestarikan dan dikembangkan,” ujar Sulpakar mengingatkan dan dilansir melalui siaran pers.

Dengan digelarnya pelatihan ini, lanjut Sulpakar, diharapkan ke depan dari Lampung akan lahir komposer yang berkualitas , berwawasan luas dan inovatif. “Di masa depan seniman dituntut untuk teus mengikuti perkembangan teknologi dan multi talenta,” imbuh Sulpakar.

Sementara itu, Kasi Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung, R. Hari W. Jayaningrat mengatakan tujuan dari workshop ini untuk mengasah dan mengembangkan potensi para komposer Lampung.

Dia berharap setelah mengikuti workshop ini para peserta bisa menciptakan karya komposisi baru yang tidak meninggalkan sentuhan unsure etnik. “Pelatihan ini menjadi sarana pembelajaran konsep baru dalam bermusik  dan mengkolaborasikan musik dan tari tradisi,”  ujar Hari.

Selain itu, lanjut Hari, workshop ini juga bertujuan mempersiapkan para komposer Lampung dalam rangka mengikuti kegiatan Konser Musik Tradisi Indonesia.

“Mudah-mudahan ke depan dari Lampung akan lahir komponis-komponis yang bias menghadirkan komposisi musik yang mengusung ruh tradisi,” kata Hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro