Koleksi Bateeq 2017/Istimewa
Fashion

Kisah Cut Meutia dalam Koleksi Musim Gugur Bateeq

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 24 Maret 2017 - 15:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bateeq kembali mempersembahkan koleksi terbaru Fall Winter 2017 dengan tema “Heroine”, yang merupakan definisi dari Pahlawan Wanita.

Ide dari koleksi ini bermula pada saat orang-orang memperdebatkan foto salah satu pahlawan nasional wanita yang berasal dari Aceh, yang ada di design uang Rupiah terbaru, yaitu Cut Meutia. Namun, ada hal lain yang lebih menarik daripada perdebatan itu sendiri, yaitu kisah hidup Cut Meutia.

Beliau adalah seorang ksatria, berprinsip, pemberani dan mampu memimpin pasukan di medan perang. Namun, di sisi lain beliau juga adalah seorang wanita cantik yang tetap mampu menjaga perannya sebagai seorang istri yang baik dengan menuruti keinginan terakhir dari suaminya, Teuku Chik Di Tunong, dan seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya.

Beliau meninggal di Aceh pada tanggal 24 Oktober 1910 dan ditetapkan menjadi pahlawan nasional Indonesia pada tahun 1964. Karakter dari Cut Meutia tersebut yang menginspirasi koleksi bateeq Fall Winter 2017.

Motif pertama yang digunakan dalam koleksi ini adalah motif kawung semebar, motif kawung dikenal di Jawa sejak abad ke-13, motif ini menjadi cerminan sifat seorang wanita sebagai wujud penyatuan unsur yang selaras yaitu kelembutan dan kekuatan, motif ini diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah.

Bunga Lotus melambangkan umur panjang dan kesucian. Motif kawung dibuat semebar (tersebar) sebagai gambaran keseimbangan kekuatan dan kelembutan seorang wanita. Motif kedua adalah motif banji yang memiliki makna keteraturan di dalam kehidupan. Motif ini berasal dari daerah pesisir pantai utara Jawa dan dipopulerkan di daerah Banyumas.

Motif ini memiliki garis lurus yang bermakna ketegasan dan dikombinasikan dengan motif bunga pada framenya yang melambangkan keindahan dan kelembutan wanita. Motif ketiga adalah motif parang kupu-kupu, motif parang memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah dan jalinan yang tidak pernah putus.

Motif kupu-kupu melambangkan keindahan, kupu-kupu bermetamorfosis sampai menjadi bentuk yang sempurna melalui beberapa proses. Perpaduan motif ini memiliki makna bahwa seseorang harus terus menerus memperbaiki diri sampai pada akhirnya mencapai tujuan yang dinginkannya melalui proses yang baik.

Mereka menampilkan 30 koleksi dalam Plaza Indonesia Fashion Week kali ini yang terdiri dari 23 koleksi ladies dan 7 koleksi untuk pria.

Sedangkan bahan yang digunakan seperti polyester, katun dan chiffon dengan aplikasi bordir. Koleksi Fall Winter 2017 kali ini berbeda dengan koleksi-koleksi sebelumnya, dengan lebih bereksperimen serta bereksplorasi dengan motif, warna dan design baju sehingga menghasilkan koleksi yang inovatif namun tetap elegan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro