Kopi Rakyat/Jibi
Kuliner

Aneka Kopi Nusantara di Dapur Solo

Wike Dita Herlinda
Minggu, 2 April 2017 - 16:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Restoran Dapur Solo di Jakarta tak hanya menyuguhkan kuliner khas Solo. Bila ke sana, Anda juga bica mencicipi kopi khas Nusantara di booth Kopi Rakyat.

Sayangnya, untuk saat ini, Kopi Rakyat baru tersedia di cabang Panglima Polim, Jakarta Selatan. Sambil mengudap camilan manis khas Solo di sore hari, paling pas rasanya menyeruput secangkir kopi panas sambil ngobrol bersama kawan.

Di Kopi Rakyat, Anda dapat memilih berbagai jenis kopi arabica pilihan dari Pulau Sumatra dan Sulawesi.

“Semua kopi yang disajikan di Kopi Rakyat adalah produksi lokal. Sebab, semangat kami adalah ingin agar masyarakat memiliki rasa bangga mengonsumsi kopinya sendiri, dan bukan kopi impor,” ujar pemilik Kopi Rakyat Yohanes Mangitung.

Bagi penyuka kopi sejati, Yohanes menyarankan sederet pilihan kopi single origin dengan masing-masing karakter yang unik. Kopi aceh gayo, misalnya, dideskripsikan memiliki kepekatan sedang, halus, dengan cita rasa sedikit manis dan aroma rempah.

Sementara itu, kopi Mandailing cocok bagi yang menyukai kopi dengan kepekatan tinggi, keasaman rendah, sedikit rasa tembakau, dan aroma kesegaran tanah Indonesia. Adapun, kopi Toraja memiliki kepekatan sedang, dengan keasaman tinggi, dan sedikit rasa citrus.

Salah satu suguhan yang paling istimewa di Kopi Rakyat adalah jenis Toraja premium, yang merupakan koleksi pilihan spesial dari sebuah daerah terpencil di pegunungan Toraja Utara. Yohanes mengatakan, jenis kopi toraja premium tergolong langka.

“Biasanya perkebunan kopi toraja terletak 1.800 meter di atas permukaan laut. Namun, ini berasal dari perkebunan 2.000 meter di atas permukaan laut. Kualitasnya jauh lebih baik, karena unsur hara yang terkandung di perkebunan di sana lebih banyak,” jelasnya.

Sayangnya, di perkebunan tersebut curah hujannya cukup tinggi, sehingga waktu untuk menjemur biji kopi menjadi lebih singkat. Belum lagi, risiko kebusukan juga lebih tinggi.

Akhirnya, kopi toraja jenis premium itu hanya mampu diproduksi dalam jumlah terbatas. Bagaimanapun, jika Anda lebih menyukai kopi robusta, Yohanes menyarankan jenis loka blend yang memiliki kepekatan tinggi, dengan rasa khas coklat dan aroma yang kuat.

Namun, jika Anda lebih suka ‘ngopi cantik’ ada pilihan kopi susu coklat dan kopi susu yang manis. Di Kopi Rakyat, Anda juga bisa membawa pulang kopi-kopi specialty Nusantara dalam bentuk bubuk kemasan 200 gram.

“Namun, ingat, batas maksimal penyimpanannya hanya sampai 18 bulan. Lalu, seduh kopinya dengan air yang tidak banyak mengandung mineral.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro