Ilustrasi/samwokrestaurant.ca
Kuliner

Mencicip Kuliner China Ala Amerika

Wike Dita Herlinda
Minggu, 21 Mei 2017 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama ratusan tahun, masyarakat Indonesia telah mengakrabi khasanah kuliner China. Namun, Kuliner China modern pun tidak kalah lezat dibanding yang tradisional. 

Ada begitu banyak ragam makanan populer di Tanah Air yang mengadopsi resep-resep otentik Negeri Panda, maupun mengasimilasikannya ke dalam menu-menu tradisional.

Sehari-hari, hidangan-hidangan populer China begitu mudah dijumpai di berbagai sudut kota dan menjadi favorit banyak kalangan. Mulai dari pangsit mi, cap cay, ifu mi, bakmi goreng, fuyunghai, cakwe, ayam kuluyuk, dan masih banyak lagi.

Namun, khasanah kuliner China sebenarnya tidak terbatas pada jenis-jenis makanan yang sudah mengejewantah pada lidah pribumi Indonesia. Masih banyak lagi kekayaan cita rasa Tiongkok yang belum dieksplorasi oleh penggemar kuliner di Tanah Air.

Kekayaan kuliner China tidak hanya meliputi menu-menu otentik tradisional ala Peking (Beijing), Szechuan, Shanghai, dan Kanton; tetapi olahan-olahan modern yang sudah mengadaptasi budaya gastronomi ala Barat.

Kuliner China modern pun tidak kalah lezat dibanding yang tradisional. Tidak percaya? Cobalah mengunjungi Sam’s Wok, restoran yang khusus menyajikan hidangan-hidangan China dengan gaya Amerika Serikat.

“Konsep restoran kami adalah modern style Asian food, bukannya masakan China otentik. Namun, kami tetap memanfaatkan kekayaan tradisi bumbu dan rempah Asia, yang khususnya terasa pada beberapa menu seperti beef ribs Szechuan style dan house special tofu,” kata Direktur Sam’s Wok Triadi Tsontany.

Grup restoran yang baru saja membuka cabang ketiganya di Jakarta, tepatnya di Kota Kasablanka, itu menawarkan sensasi berkuliner baru bagi para penggemar cita rasa Asia Timur di Ibu Kota.

Di Sam’s Wok, pengunjung disuguhi menu-menu berporsi cukup besar (porsi sharing). Sehingga, restoran tersebut lebih tepat dijadikan tujuan makan bersama keluarga atau ramai-ramai dengan kawan.

Akan tetapi, bagi siapa pun yang ingin ke sana sendiri untuk sekadar makan siang di sela-sela jam istirahat kantor, terdapat juga berbagai seleksi menu rice bowl untuk perorangan. Jangan khawatir, sebab semua hidangan dimasak ‘dadakan’ guna menjamin kesegarannya.

Satu hal yang menarik adalah menu-menu yang ditawarkan begitu beragam, sehingga sesuai untuk segala suasana dan kesempatan, serta kebutuhan konsumen. Bagi yang sedang ingin makan sehat, ada pilihan nasi merah dan beragam menu sayuran.

Beberapa hidangan sehat yang paling favorit a.l. XO string bean dan steam fish Thai style yang memiliki aroma segar dan ringan dari campuran jeruk limau, bawang putih, serta daun ketumbar.

“Setiap pekan, kami juga menyediakan menu spesial. Jika Anda datang pada Minggu pagi, kami menyediakan menu sizzling noodle, Sam’s Wook Noodle, dan nasi goreng untuk brunch,” imbuh Triadi.

Belum lengkap rasanya jika tidak mengeksplorasi menu-menu Chinese—American berbasis ayam. Salah satu menu ayam yang paling laris dan menjadi unggulan di Sam’s Wok adalah general tso chicken, yang renyah tetapi tetap juicy.

“Hidangan tersebut disajikan dengan saus istimewa buatan rumah. Ini adalah versi kami dari menu signature American—Chinese yang cocok dengan selera orang Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, ada pula chow mien chicken yang terdiri dari mi kenyal dengan daging ayam dan sayuran yang dimasak di atas wok(wajan khusus yang banyak digunakan di Provinsi Guangdong, China). Ada juga menu favorit pengunjung; honey sesame chicken.

Jika Anda lebih menyukai daging sapi ketimbang ayam, terdapat daftar highlighted menu yang menjadi magnet di Sam’s Wok. Salah satunya adalah beef ribs szechuan style yang gurih dan pedas menantang, tetapi tetap ramah di lidah dan tidak menimbulkan sensasi ‘terbakar’.

Salah satu menu yang wajib dicoba adalah crispy beef with Sam’s Wok special sauce yang bisa membuat ketagihan. “Selain itu, kami merekomendasikan menu Sam’sa Wok special tofu dengan ayam cincang serta telur dengan saus spesial,” kata Triadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro