Wanita membutuhkan tidur lebih lama dibanding pria/Istimewa
Relationship

9 Tanda Pelecehan Emosional

JIBI
Senin, 29 Mei 2017 - 03:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dalam suatu hubungan, pelecehan emosional sama buruknya dengan penganiayaan fisik. Dalam beberapa kasus pelecehan emosional dalam suatu hubungan bahkan lebih buruk daripada penganiayaan yang dilakukan secara fisik.

Masalahnya adalah tanda-tanda pelecehan emosional dalam suatu hubungan tidak tampak. Itulah sebabnya Anda mungkin dilecehkan secara emosional oleh pasangan selama bertahun-tahun lamanya dan Anda tidak menyadarinya, kecuali jika Anda mengambil waktu dan menganalisis perilaku pasangan.

Jika Anda tidak bahagia untuk jangka waktu yang lama, maka saatnya untuk melakukan pemeriksaan, apakah ada pelecehan emosional dalam hubungan yang Anda jalani.

1. Sulit tidur
Jika Anda tidak dapat tidur nyenyak selama lebih dari sebulan, maka ada sesuatu yang salah dalam hubungan Anda.
2. Kecurangan berulang
Pasangan terus menipu Anda, lalu kembali dan meminta maaf sambil menangis. Begitu terus hingga berulang kali. Itu artinya pasangan menipu karena kebiasaan menyakiti Anda.

3. Mencari alasan untuk bertengkar
Apakah menurut Anda pasangan bersikap sangat argumentatif akhir-akhir ini? Apakah dia terus-menerus mengajak Anda bertengkar tentang isu-isu yang tidak relevan? Jika ya, itu adalah tanda dari pelecehan emosional.

4. Menyerang balik
Jika pasangan sengaja menggunakan sesuatu yang pribadi yang Anda katakan kepadanya saat bertengkar, maka itu tidak etis. Dan jika pasangan terus melakukan ini berulang kali, maka dia telah melecehkan Anda secara emosional.

5. Menyerang titik kelemahan
Kita semua memiliki kelemahan dan rahasia. Saat menjalin hubungan, Anda mengetahui kebenaran yang tidak menyenangkan tentang pasangan Anda. Tapi mencubit tentang kebenaran ini adalah sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan.

6. Terus mengungkit masa lalu
Kebanyakan orang memiliki hubungan di masa lalunya. Dan hubungan masa lalu ini mungkin harus berakhir karena suatu alasan. Namun jika pasangan mengungkit-ungkit masa lalu Anda berulang kali, itu juga merupakan semacam pelecehan emosional.

7. Penggunaan kata-kata kasar
Banyak pasangan cenderung mengucapkan beberapa kata buruk selama pertengkaran. Tetapi jika pasangan Anda over dosis menggunakan kata-kata buruk dan bahasa kotor, maka Anda sedang dianiaya secara emosional.

8. Pembunuhan karakter
Anda juga harus melindungi karakter Anda. Pasangan tidak berhak menyerang karakter Anda tanpa alasan yang benar.

9. Ancaman
Jangankan ancaman yang membahayakan keselamatan. Terus-menerus mengganggu hidup Anda dengan berbagai tuntutan dan mengancam perpisahan dengan Anda jika ini tidak terpenuhi juga termasuk pelecehan emosional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro