Tidur saat perjalanan./Istimewa
Health

Kebanyakan Tidur Saat Mudik Bisa Naikkan Kadar Gula Darah

JIBI
Kamis, 22 Juni 2017 - 11:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Apa yang biasanya kamu lakukan sepanjang perjalanan mudik Lebaran. Jika tidak menyetir atau menemani sopir, sebagian besar orang memilih tidur.

Selain nyaman dan seperti diayun-ayun, tidur dapat menebus kelelahan, serta berharap tubuh segar saat sampai tujuan.

Menurut penelitian dari Universitas Yale, Amerika, orang yang terlalu banyak tidur -termasuk dalam perjalanan, akan mengganggu kadar gula darah.

Dalam riset tersebut, peneliti mengamati pola tidur 1.709 pria dan menemukan mereka yang tidur kurang dari 6 jam sehari memiliki dua kali risiko diabetes.

Adapun mereka yang tidur lebih dari 8 jam sehari memiliki risiko peningkatan kadar gula darah sampai tiga kali lipat.

Dalam studi ini, peneliti menemukan terjadi peningkatan kadar hemoglobin A1C -penanda diabetes berkaitan dengan tidur, dalam darah responden yang kurang dan kelebihan tidur.

"Studi ini menemukan kadar A1C hemoglobin akan stabil jika Anda tidur dalam waktu ideal, yakni antara 7 sampai 8 jam sehari," kata Eric Yan, MD, spesialis nutrisi dokter di Valens Medical di Irvine, California.

Supaya durasi tidur tetap teratur selama perjalanan, segera istirahat jika tubuh sudah lelah dan mata mengantuk. Apabila kamu punya waktu untuk menginap di hotel, hindari menonton televisi dan minum minuman berkafein. Sebaiknya, mandi pakai air hangat karena akan membantu tidur lebih cepat dan bikin tubuh rileks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro