Kuliner

Menikmati Kuliner Khas Asean di Asean Food Festival

Dewi Andriani
Senin, 7 Agustus 2017 - 05:48
Bagikan
Bisnis.com,JAKARTA -- Ratusan pengunjung memadati Asean Food Festival yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di kawasan Kota Tua, Jakarta, pada Sabtu (5/8) dan Minggu (6/8).

Pengunjung yang hadir tidak hanya dari Jakarta dan daerah lain di Indonesia tetapi juga dari negara lainnya yang tengah jalan-jalan menikmati wisata di kawasan Kota Tua Jakarta.

Terdapat sekitar 10 booth yang menyajikan berbagai makanan khas dari 10 negara Asean yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Singapura, Vietnam, Filipina, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Hadir pula pada acara itu, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid,
Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud Nadjamuddin Ramly, dan Direktur Sejarah Kemendikbud Triana Wulandari.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud Nadjamuddin Ramly mengatakan acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian peringatan ulang tahun ke-50 berdirinya ASEAN.

"ASEAN Food Festival ini inisiatif pemerintah Indonesia dan baru pertama kali digelar. Ini pun bentuk diplomasi kuliner atau gastronomi kepada masyarakat ASEAN. Dengan makanan atau kuliner, akan memberikan kesan mendalam kepada para pengunjung mengenai kuliner yang dimiliki oleh negara-negara ASEAN," kata Nadjamuddin, Minggu (6/8/2017).

Kemendikbud sendiri menargetkan bisa menggaet sekitar 2000an pengunjung dalam acara food festival tersebut. Apalagi dalam acara ini pengunjung tidak hanya disuguhin makanan jadi tetapi juga bisa mendapatkan informasi mengenai bahan-bahan kuliner di sejumlah negara ASEAN.

Selain menikmati ASEAN Food Festival, pengunjung juga dapat menghadiri Seminar Panji. Dalam seminar ini pengunjung disajikan mengenai berbagai cerita, tarian, legenda, dan berbagai hal lainnya dari Indonesia.

Direktur Sejarah Kemendikbud Triana Wulandari menambahkan ASEAN Food Festival yang digelar di Kota Tua ini sekaligus menjadi upaya pemerintah mendorong sejarah serta heritage Kota Tua kepada masyarakat Indonesia, termasuk wisatawan mancanegara.

Setelah ASEAN Food Festival akan digelar pula Pameran Sejarah Pahlawan dan Tokoh Perempuan di Galeri Nasional pada 7-21 Agustus 2017.

"Melalui rangkaian acara ini, kami harapkan masyarakat Indonesia bisa mengenal sejarah dan budaya bangsa sendiri," tutur Triana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro