Pelayanan puskesmas di daerah./Ilustrasi
Health

KESEHATAN: Deteksi Dini Masih Menjadi Tantangan

Kurniawan A. Wicaksono
Selasa, 19 September 2017 - 20:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Deteksi dini masih menjadi tantangan Indonesia dalam menyikapi darurat kesehatan masyarakat.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, kemampuan melakukan deteksi dini masalah kesehatan masih menjadi tantangan saat ini. Padahal, jika deteksi dini dapat dilakukan, respons cepat untuk mencegah dan menanggulangi penyakit pun bisa dijalankan.

Oleh karena itu, menurutnya, seluruh instansi di pusat dan daerah perlu melakukan langkah dan upaya agar tantangan ini dapat disikapi dengan tepat. Hari ini, Kemenkes resmi melakukan simulasi kesiapsiagaan pandemi influenza A H7N9.

'”Saya berharap agar simulasi yang kita laksanakan minggu ini bermanfaat bagi kita semua dalam memahami kelebihan dan kekurangan kita untuk melaksanakan kesiapsiagaan dalam menghadapi kedaruratan kesehatan masyarakat,” ujarnya, seperti dikutip dalam laman resmi Kemenkes, Selasa (19/9/2017)

Keberhasilan upaya deteksi dini ini sangat ditentukan oleh kelancaran proses komunikasi dan kerjasama antar instansi pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu ketersediaan sumber daya – termasuk dana serta sarana-prasarana yang berkualitas – juga berperan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro