Sutradara muda pemenang film pendek Festifal Film Canns 2016, Wregas Bhanuteja/Antara
Entertainment

Usai Menangi Film Pendek Festival Film Canns 2016, Wregas Bhanuteja Akan Rilis Film Drama

Ilman A. Sudarwan
Jumat, 13 Oktober 2017 - 19:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah sukses dengan film Prenjak/The Year of Monkey dengan memenangi kategori film pendek dalam Festival Film Canns 2016, Wregas saat ini tengah menyusun naskah untuk film terbarunya.

Sebagai pemenang pada tahun lalu, Wregas mendapatkan kesempatan untuk belajar di bawah bimbingan penulis skenario di Prancis. “Ada rencana pembuatan film baru, tapi sekarang masih dalam tahap penulisan skenario, kemungkinan syutingnya mulai tahun depan,” katanya.

Akan tetapi Wregas belum bisa memberi detail informasi mengenai film yang sedang dibuatnya ini. Dia hanya mengatakan film ini akan menjadi film bergenre drama.

“Ini drama dan ini juga semacam bagian dari develompent lab di Prancis yang saya lakukan di Prancis Desember tahun lalu, saya dibimbing oleh beberapa penulis skenarion dari Prancis,” tuturnya.

Wregas mengaku tidak begitu menyasar penghargaan di masa mendatang. Terpenting buatnya saat ini adalah berkarya dengan sebaik mungkin.

“Terpenting saya membuat film sebaik-baiknya, lalu nanti penghargaan itu semacam sebuah apresiasi saja,” katanya.

Selain berkomentar tentang karyanya yang sedang digarap, Wregas juga menceritakan bagaimana pengalamannya bekerja sama dengan pihak asing di bidang perfilman yang dijalaninya. Menurutnya, kerja sama berupa investasi dari pihak asing akan mendorong pertumbuhan film lokal Indonesia.

“Selama hal itu ditanggapi dengan positif, kita justru akan ter-support oleh pendanaan-pendaan untuk produk si film dalam negeri,” katanya.

Menurutnya, selain membantu dalam bentuk investasi, kerja sama seperti itu juga akan membantu sebuah film untuk menembus pasar internasional. Dia mencontohkan film Marlina: The Murderer in Four Arts karya sutradara Muly Surya.

Film ini adalah film Indonesia pertama yang mendapatkan subsidi dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Prancis lewat Cinemas du Monde dan pusat sinema CNC, Institut Francais.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro