Herbalife Dukung Komunitas Kurir Sepeda Bidonesia/Antara
Relationship

Kurir Sepeda Bidonesia Ikuti Kompetisi Global

Newswire
Rabu, 13 Desember 2017 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bidonesia, wadah anak muda yang bergerak dalam layanan pengiriman barang menggunakan sepeda ternyata mampu berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia dalam berbagai ajang kompetisi "bike messeger" dunia.

Dalam waktu dekat ini, Bidonesia akan mengikuti ajang bike messenger Holycrit yang dilaksanakan di Singapura pada 16 Desember 2017. kata pendiri Bidonesia, Niki Bagoes Rizky.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Herbalife Indonesia sebagai perusahaan nutrisi yang senantiasa berkomitmen memberikan dukungan berbagai penyelenggaraan dan kegiatan yang berkaitangaya hidup sehat.

"Tidak hanya Holycrit, masih banyak kompetisi global yang diikut salah satunya he Cycle Messenger World Championships (CMWC) atau kompetisi bersepeda perkotaan untuk memilih yang terkuat, terpandai, dan tercepat," kata pendiri Bidonesia, Niki Bagoes Rizky.

CMWC yang diselenggarakan setahun sekali akan dilaksanakan di Latvia pada Agustus 2018, ajang Holycrit sekaligus sebagai persiapan untuk ke depan.

Niki juga mengungkapkan dalam beberapa event sebelumnya di Singapura, Bidonesia berhasil meraih prestasi.

Niki mengatakan, Bidonesia merupakan satu-satunya komunitas bike messenger yang diundang mengikuti kedua event internasional.

Niki menjelaskan untuk holycrit sendiri merupakan kompetisi yang diikuti perwakilan dari beberapa racer di Jakarta, Tangerang, dan Bandung, sedangkan untuk CMWC sendiri diikuti teman-teman bike messenger dari Jakarta, Bandung, dan Malang.

Bidonesia, merupakan komunitas pesepeda urban. yang di bentuk tanggal 23 oktober 2016. Kata bidonesia sendiri terdiri dari dua kata Bidon (tempat minum) dan Indonesia, jelas Niki.

Saat ini anggota aktif bidonesia terdiri dari 50 orang dari Jakarta, Bogor, Bandung, Bekasi, Banjarmasin, Palu, Lampung, Jember, Solo, Malang, Bali, Malaysia, dan swiss.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi menyampaikan apresiasinya kepada Bidonesia yang di dalamnya beranggotakan anak-anak muda selain memiliki mata pencaharian, juga mampu beprestasi di event internasional.

Andam mengatakan, ditengah-tengah maraknya layanan pengiriman barang menggunakan sepeda motor, kehadiran Bidonesia dapat menjadi alternatif pilihan selain pengiriman paket lebih cepat juga lebih ramah lingkungan.

Andam Dewi juga menjelaskan, Herbalife Indonesia menggunakan layanan Bidonesia untuk pengiriman produk kepada pelanggan.

Bidonesia beranggotakan 50 orang dalam kesehariannnya disamping berprofesi sebagai "bike messenger" atau jasa kurir bersepeda juga menyelenggarakan berbagai pertemuan dengan anggota di 13 cabang untuk saling berbagi informasi.

Herbalife Indonesia, kata Dewi, ikut memberikan dukungan kepada Bidonesia untuk berkompetisi di Singapura karena sebagai ajang mempromosikan Indonesia di dunia internasional juga sesuai dengan gaya hidup sehat yang diusung perusahaan.

Niki berharap kegiatan serupa juga dapat diselenggarakan di Indonesia, namun hal tersebut juga membutuhkan dukungan pemerintah sehubungan harus sterilinya arena lomba dari kendaraan seperti yang diselenggarakan di Singapura dan negara lainnya.

Kompetisi bike messenger tersebut, jelas Niki biasanya menggunakan fixie bike atau sepeda dengan satu gear serta beberapa kategori lomba salah satunya peserta diwajibkan mengambil barang dan mengantarkan di suatu lokasi yang telah ditentukan.

Niki juga berbagi pengalaman apabila di luar negeri profesi "bike messenger" sudah sangat dikenal sehingga banyak gedung perkantoran yang menyediakan fasilitas parkir sampai dengan air minum, sehingga hal ini menjadi tantangan bagi perkantoran di Jakarta yang belum menyediakan fasilitas parkir sepeda.

"Saya punya pengalaman tidak enak di salah satu gedung yang memang tidak memiliki fasilitas parkir sepeda. Ketika itu, setelah sepeda saya parkirkan di salah satu tiang dengan dikunci dan ditinggal untuk mengantar barang. Namun saat kembali sepeda saya sudah tidak ada di tempat dan ternyata sudah diamankan pihak pengelola. Sepeda baru bisa diambil setelah berdebat dengan pengelola yang membuang waktu sehingga menghambat pengiriman barang ke lokasi lain," cerita Niki.

Niki menjelaskan sampai saat ini Bidonesia telah memiliki client 14 perusahaan untuk layanan kurir sepeda untuk layanan Jakarta dan Tangerang Selatan serta masih akan dikembangkan di daerah lain.

Waktu pengiriman rata-rata membutuhkan waktu 25 menit untuk jarak tempuh 12 kilometer itu dengan kondisi lalu lintas macet, jelas Niki.

Niki menjelaskan untuk berprofesi sebagai bike messenger yang jelas mampu mengendarai sepeda, memiliki sepeda sendiri, serta paham dengan rute yang akan dilewati.

Komunitas penggemar sepeda khususnya sepeda fixed gear di Jakarta mulai terbentuk dan telah berbadan hukum sejak 2016 yang lalu. Meski komunitas ini mulai aktif melakukan berbagai kegiatannya mulai 2013.

Hingga saat ini layanan bike messenger telah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Diantaranya Aceh, Aceh, Medan, Jambi, Lampung, Banjarmasin, Bandung, Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Cibinong, Semarang, Yogyakarta, Jember, Malang, Bali.




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro