Health

Ingin Tetap Dekat dengan Buah Hati Meski Bekerja Jauh? Begini Kiatnya

Yoseph Pencawan
Selasa, 3 April 2018 - 00:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ayah dan ibu memiliki peran yang saling mendukung dan membantu, sehingga apabila salah satu fungsinya rusak ada kemungkinan anak akan kehilangan identitas, termasuk bila seorang ayah bekerja jauh dari anak-anaknya.

Muhamad Nanang Suprayogi, seorang psikolog berpendapat, bila berada dalam kondisi tersebut sang ayah harus melakukan komunikasi secara rutin dan meski pada kondisi sulit tetap dapat dilakukan melalui media sosial yang kini sudah dengan mudah dan murah digunakan.

“Disarankan tidak hanya komunikasi audio saja, tetapi namun juga secara visual (menggunakan video call),” ujarnya, belum lama ini.

Menurut dia, hal tersebut penting untuk tetap menumbukan dan menguatkan ikatan emosional antara ayah dan sang anak, terutama bila anaknya masih kecil. Saat komunikasi dijalin, sang ayah dapat menanyakan pada anak tentang hal-hal yang berkaitan dengan sekolahnya, guru-gurunya, teman-temannya atau hal-hal yang disukainya.

Ayah juga dapat bertanya tentang aktivitas anaknya setelah selesai sekolah, seperti kegiatan bermain dengan teman-temannya, atau tentang siapa teman akrabnya dan sebagainya.

Saat sang anak bercerita, ayah perlu untuk menanggapi cerita tersebut, mencatatnya dan bila perlu menghafal nama guru anaknya, nama teman-teman anaknya, pelajaran yang disukai anaknya dan apa yang dikeluhkan anaknya.

Kemudian, ayah harus memberikan kesempatan kepada anaknya untuk menceritakan sesuatu, apakah itu tentang nilai yang bagus atau pujian yang dia terima dari gurunya. Ayah juga harus peka bila melihat anak kurang ceria, seperti sedang memendam sesuatu yang tidak menyenangkan.

Berilah kesempatan anak untuk mencurahkan hati tentang kesedihannya, dengarkan dan kuatkan dia. Bila sang ayah berkesempatan pulang, lanjut Nanang, perlu juga membawakan sesuatu atau oleh-oleh yang disukai anaknya.

Hal yang penting lain adalah menyempatkan waktu untuk jalan-jalan atau bersantai bersama keluarga. Mengajak anak-anak berekreasi tidak perlu ke tempat yang jauh atau mahal karena yang lebih mereka butuhkan adalah kebersamaan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro