Purwacaraka/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Show

Treatment Komposer Purwacaraka Dalam Musik Opera "Ainun"

Aprianus Doni Tolok
Sabtu, 9 Juni 2018 - 22:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Opera "Ainun" yang akan dihelat di Jakarta pada 15 dan 16 September 2018, menjadi kali pertama pertunjukkan berjenis "opera barat" di Indonesia dan bahkan di Asia. Opera yang didominasi alunan musik, menjadi tanggung jawab besar sang komposer.

Komposer Purwacaraka yang menggawangi musik Opera "Ainun" menanggapi hal tersebut sebagai sebuah tantangan tersendiri.

"Saya lebih senang [sebuah] tantangan itu dijabarkan pada pandangan yang lebih mudah diinterpretasi dan dinikmati," tuturnya.

Menurutnya, pertunjukkan opera identik dengan sajian musik klasik Eropa dan sedikit berbeda dengan drama musikal yang banyak menyajikan musik-musik yang lebih ringan seperti pop.

Dalam durasi 135 menit, musik klasik yang cenderung kompleks untuk dinikmati akan dikolaborasikan dengan musik tradisional Indonesia. Tujuannya adalah supaya lebih mudah dinikmati masyarakat Indonesia tetapi juga tetap kental dengan ciri khas musik klasik Eropa.

Dia juga mengapresiasi pemeran Habibie, Farman Purnama, dan Ainun, Andrea Miranda yang telah menunjukkan kualitasnya dalam membawakan aria dan libreto - istilah musik yang dinyanyikan dalam opera.

"Musik dalam opera ini bukan karya satu atau dua orang, tetapi melibatkan banyak pihak yang memberi impact di dalamnya. Termasuk para penyanyi di dalamnya. Mereka juga patut diapresiasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro