Fashion

Perempuan Indonesia Ingin Jadi Ibu Rumah Tangga Sekaligus Bekerja

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 15 Agustus 2018 - 12:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 91% perempuan di Indonesia ternyata mengaku ingin memiliki keluarga dan menjajaki dunia karir sekaligus.

Hal tersebut terungkap dalam survei yang dilakukan oleh Pantene dalam kampanye SiapaBilangGakBisa. Survei itu juga menunjukkan bahwa meski mereka ingin menjalani keduanya, tapi masih ada kendala.

Alasannya, karena 48%  dari perempuan yang disurvei itu tidak memiliki kesempatan untuk belajar, 38% merasa harus menyeimbangkan antara pekerjaan dan pendidikannya, sedangkan 28% lagi harus berjuang melawan ekspektasi dan kritikan sosial dari masyarakat.

Dalam survei itu juga Pantene menemukan bahwa 9 dari 10 wanita Indonesia merasa harus selalu memenuhi ekspektasi dari keluarga dan juga masyarakat yang memiliki harapan tertentu terhadap mereka.­  Seolah peran wanita sudah ditentukan sejak lahir, para wanita berupaya untuk tidak mengabaikan setiap ekspektasi tersebut agar segala sesuatunya tidak menjadi sebuah kesalahan dan masalah yang rumit.

Ketika mereka harus memilih antara melanjutkan pendidikan, memilih pekerjaan yang tepat atau menentukan waktu untuk menikah, di saat itulah mereka harus memutuskan untuk tujuan hidup mereka.

Sebagian besar wanita Indonesia yang telah mengikuti survei dari Pantene mengatakan, bahwa perjalanan mencapai tujuan hidup itu tidak pernah mudah. Mereka harus selalu mengatasi setiap rintangan yang terjadi karena mereka tahu itu semua akan membuat mereka lebih bijaksana, kuat dan percaya diri.

Ovidia Nomia, Senior Communications Manager P&G Indonesia mengatakan mereka menggelar kampanye SiapaBilangGakBisa karena memahami bahwa sebagian besar wanita Indonesia ingin mengejar lebih dari sekedar jalan yang mereka harapkan, karena mereka percaya itu semua dapat membawa kebaikan yang lebih besar untuk dirinya sendiri dan juga orang lain.

"Untuk itu kami ingin menunjukkan bahwa wanita Indonesia dapat menjadi wanita di luar ekspektasi melalui cerita para wanita kuat yang diangkat oleh Pantene dan semoga cerita para wanita kuat ini menginspirasi lebih banyak wanita di Indonesia," ujarnya dalam siaran persnya.

Raline Shah, PANTENE Indonesia Brand Ambassador mengatakan banyak yang beranggapan bahwa wanita lebih baik menikah secepatnya, dan anggapan ini juga berlaku terhadapku yang sudah mulai menginjak usia kepala 3.

"Banyak orang yang mempertanyakan alasan aku yang masih single. Padahal, dengan statusku sekarang ini dapat membantuku menjadi lebih fokus terhadap karir dan dapat menghasilkan karya yang optimal dan yang paling penting aku bahagia menjalani semuanya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro