Penyanyi Opera Montserrat Caballe/Istimewa
Musik

Montserrat Caballe, Legenda Opera Asal Barcelona Meninggal di Usia 85

Rahmad Fauzan
Sabtu, 6 Oktober 2018 - 23:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penyanyi soprano terkenal Montserrat Caballe meninggal dunia pada usianya yang ke-85, Sabtu (6/10/2018). 

Montserrat Caballe tercatat telahmembawa seni opera ke dalam deretan tangga lagu pop. Bersama Freddue Mercury, ia menyanyikan "Barcelona".

Penyanyi berkebangsaan Spanyol, yang lahir di ibu kota Catalan, itu  sudah tidak dalam kondisi sehat selama beberapa tahun belakangan. Caballe menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Sant Pau di Barcelona.

Sebuah Rumah opera di Barcelona, The Gran Teatre del Liceu, tempat Caballe menunjukkan aksinya lebih dari 200 kali, menilai dirinya sebagai "salah satu penyanyi soprano paling penting dalam sejarah".

Penyanyi tenor asal Spanyol Jose Carreras mengatakan Caballe memiliki jangkauan suara yang luar biasa, dikombinasikan dengan sebuah teknik yang sempurna.

"Semua penyanyi soprano yang pernah saya dengar secara langsung di teater, tidak satu pun yang bernyanyi seperti Caballe," ujar Carreras seperti dilansir Reuters, Sabtu (6/10/2018).

Keluarga kerajaan Spanyol menjuluki Caballe sebagai "perempuan terbaik di dunia opera, legenda kebudayaan universal, dan terbaik di antara yang terbaik".

"Personalitas dan keunikan suaranya akan selalu bersama kita," ujar salah satu bangsawan Spanyol.

Caballe merilis lagu berjudul "Barcelona" bersama pentolan Queen, Freddie Mercury, pada 1987. Lagu tersebut digunakan kembali pada Olimpiade Barcelona 1992, setahun setelah kematian Freddie Mercury.

Dikenal karena penampilan-penampilannya di opera Italia, Caballe juga bekerja sama dengan seorang penyanyi tenor Luciano Pavarotti.

60 Tahun Berkarir

Di antara sejumlah reaksi, Perdana Menteri Spanyol Pedri Sanchez menulis di akun twitternya, "Kabar sedih. Duta terbaik negara kita telah tiada, seorang penyanyi soprano yang dikenal di seluruh dunia. Suara dan kebaikannya akan selalu bersama dengan kita".

Caballe dianggap sebagai salah satu eksponen atau orang terkemuka dari bel canto repertoire, ucap Menteri Kebudayaan Spanyol Jose Guirao.

"Kepergiannya meninggalkan kekosongan besar," ujar Jose Guirao.

Perjalanan karir hampir 60 tahun membawa Caballe dari Basel ke New York.

Dia memulai karir di Swiss pada 1956 sebagai Mimi in La Boheme, kemudian bergabung dengan Bremen Opera, di sana dia bernyanyi dari 1959 hingga 1962 dalam berbagai macam peran.

Pengakuan dunia internasional semakin meluas pada 1965, ketika Caballe muncul dalam sebuah penampilan, Donizetti's Lucrezia Borgia di Carnegie Hall, New York.

Penampilan tersebut memberikan Caballe pengakuan luar biasa dari publik serta memberikan Caballe sebuah sensasi luar biasa dalam satu malam.

Kesuksesan membawa Caballe kepada debutnya pada tahun yang sama di Metropolitan Opera, sebagai Marguerite in Gounod's Faust.

Memiliki karir gemilang, Caballe tidak terlepas dari kontroversi.

Pada 2015, ketika di Spanyol tengah marak-maraknya penghindaran pajak, Caballe setuju membayar €250 ribu sebagai pengganti dari kurungan penjara selama enam bulan.

Pemakaman rencananya akan dilaksanakan pada Senin (8/10/2018) di Barcelona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro