Game Fortnite/Istimewa
Entertainment

Pengembang Gim Gugat Youtuber Curang Saat Bermain Fortnite

Rayful Mudassir
Selasa, 16 Oktober 2018 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembang gim “Fortnite”, Epic Games menggugat Youtuber ternama yang menampilkan cara curang bermain gim melalui akun youtube.

Saluran YouTube "Golden Modz" yang dimiliki Brandon Lucas, memposting video dirinya sendiri menggunakan mod untuk pemain troll dalam game seperti "GTA Online" dan "Fortnite."

Tapi, Epic mengklaim Lucas juga menggunakan video tersebut untuk mempromosikan permainan curang yang dia jual di situs webnya. Hal ini dinilai menyebabkan pelanggaran hak cipta, pelanggaran kontrak, dan praktik perdagangan yang tidak adil dan menipu.

"Meskipun dia mengklaim 'melawan kecurangan dalam permainan video permainan kompetitif [dan bahwa dia] hanya membuat video ini untuk hiburan yang membawa [orang] di saluran [nya], Lucas menggunakan video untuk mendemonstrasikan dan mempromosikan peretasan dia menjual, dan mengarahkan mereka yang menonton video ke situs web tempat dia menjualnya," tulis Epic seperti dilansir Variety, Selasa (16/10/2018).

Epic Game menyebut pengguna yang membeli hacks dari Lucas menggunakannya untuk menipu saat bermain 'Fortnite'. Situs web Lucas dinilai telah mendorong pengunjung untuk membeli peretasan atau akun pengguna 'Fortnite' yang dimuat dengan peretasan.

Peretasan ini memungkinkan pengguna mereka untuk memodifikasi perangkat lunak 'Fortnite' secara tidak sah. Lucas mengoperasikan situs-situs web ini dan menjual kecurangan dan bertanggung jawab atas pengayaan pribadinya sendiri.

Menurut pengembang gim tersebut, Lucas memposting video orang yang menggunakan cheat untuk alasan yang sama. Keuntungan yang diperolehnya dengan sendirinya datang dengan mengorbankan Epic dan anggota komunitas 'Fortnite'.

Gugatan serupa juga ditujukan kepada Youtuber lainnya yaitu Colton Conter, yang menggunakan nama "Exentric". Dua terdakwa bermain bersama di beberapa video dan bergurau bahwa perangkat lunak curang yang mereka gunakan memberi mereka "kekuatan gaib" yang memungkinkan mereka untuk troll dan membunuh lusinan pemain "Fortnite" lainnya.

Sementara itu, Lucas mengatakan dalam postingan videonya bulan lalu mengatakan sembilan dari video "Fortnite" buatannya baru-baru ini telah dihapus melalui serangan hak cipta. Dia menunjukkan ada ribuan pembuat konten lain di YouTube yang membuat konten “Fortnite” serupa.

“Saya hampir merasa seperti saya didiskriminasi oleh Epic Games. Anda tahu, saya hanya anak-anak yang membuat video Youtube dan banyak orang menikmati ini,”katanya.

"Dan itu hanya membuat saya berpikir bagaimana saya bisa mengunggah video yang akan menghibur orang-orang yang diduga digugat oleh Epic Games."

Ini bukan pertama kalinya Epic menempuh jalur hukum pagi pengguna yang bermain curang saat bermain "Fortnite". Tahun lalu, ia mengajukan gugatan terhadap seorang bocah 14 tahun yang diduga menggunakan hacks saat bermain. Meskipun dikatakan tidak mengetahui usia terdakwa pada saat itu, Epic terus menekan gugatan itu. Kasus itu masih berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro