Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIAT SUKSES: Cara Jitu untuk Memulai Berbisnis

Banyak orang tidak tahu bagaimana cara memulai berbisnis. Berikut tipsnya:
Tung Desem Waringin. / Laruno.com
Tung Desem Waringin. / Laruno.com

Sekarang banyak karyawan yang mulai menjadi pengusaha, baik itu skala kecil maupun besar. Namun seringkali orang-orang tidak tahu bagaimana cara memulai usahanya.
Berikut tipsnya:

1.Fokus pada satu peluang bisnis
Ada banyak peluang yang dapat diambil, mungkin Anda akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Sehingga banyak orang yang malah mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan yang dapat membuat gagalnya bisnis karena semuanya tidak bisa dihandle sekaligus. Lebih baik pilih satu peluang, agar Anda dapat lebih mencurahkan ide Anda dan fokus pada bisnis yang Anda jalankan.

2.Kuasai pengetahuan tentang bisnis Anda
Dalam tahap awal sebuah usaha, jarang ada investor yang mau menyuntikan dananya. Namun jangan khawatir karena kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi Anda harus betul- betul menguasai segalanya tentang bisnis yang Anda jalankan dan selalu siap menjelaskan dengan detail. Hal ini dimaksudkan agar membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat.

3.Selalu mau belajar dari orang lain
Bagi Anda yang baru masuk kedalam dunia bisnis. Anda perlu berkonsultasi dengan orang lain yang lebih ahli dibidang bisnis seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, Anda dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya. Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses menjadi penasehat Anda, tempat Anda berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses. Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara.

4.Belajar dari kegagalan
Seringikali orang yang mengalami kegagalan akan menyerah atau putus harapan. Tapi bagi seorang pengusaha yang ingin sukses, kegagalan adalah guru terbaik dimana Anda akan belajar menjadi lebih baik lagi.

5.Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata
Perhatikan apa yang Anda katakan. Katakan hal yang mampu Anda lakukan, jangan terlalu banyak bicara tapi Anda tidak bisa berbuat apa-apa. Buktikan dengan melakukan tindakan karena dengan bertindak, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu.

Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin mulai menjadi pengusaha. Semoga berhasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Laruno.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper