Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIAT SUKSES: Mengapa Produk Baru Bisa Gagal? Ini Alasannya..

Perkembangan era globalisasi yang terjadi saat ini turut mempengaruhi perilaku konsumen terhadap suatu produk.
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan era globalisasi yang terjadi saat ini turut mempengaruhi perilaku konsumen terhadap suatu produk.

Sebuah perusahaan harus dapat menghasilkan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Hal ini menjadi tantangan besar bagi pengusaha untuk menentukan strategi penjualan yang dapat menarik minat konsumen.

Sering terjadi kegagalan dalam pelaksanaannya yang mengakibatkan produk yang ditawarkan kurang diminati konsumen dan pada akhirnya tidak dapat bersaing. Tentu ini akan merugikan pelaku usaha.

Lalu apa saja yang menjadi penyebab kegagalan dalam penjualan sebuah produk? Berikut ulasannya :

1. Produk kurang dibutuhkan konsumen

Besarnya tingkat kebutuhan konsumen terhadap sebuah produk merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan penjualan Anda. Jika konsumen merasa kurang membutuhkan produk Anda, dapat dipastikan penjualan Anda juga tidak akan memuaskan. Karena itu sebelum menjual sebuah produk, ada baiknya Anda melakukan riset atau survei untuk mengetahui produk apa yang paling dibutuhkan oleh target pasar. Dengan mengetahui produk yang dibutuhkan maka produk Anda dapat diterima dengan mudah di pasar yang dituju.

2. Penentuan harga produk tidak tepat

Harga menjadi pertimbangan utama konsumen dalam membeli produk. Oleh karena itu, Anda harus dapat menentukan harga yang sesuai dengan segmen pasar bisnis Anda. Jika yang menjadi sasaran Anda adalah kelas menengah ke bawah maka Anda dapat menetapkan harga yang sedikit di bawah harga pasar. Akan tetapi jika yang Anda tuju adalah kelompok menengah keatas maka tentukan harya yang sedikit lebih tinggi, yang tentunya harus diimbangi dengan mutu produk yang sesuai.

3. Info produk kurang memadai

Informasi produk yang kurang lengkap, jelas, atau memadai akan membuat konsumen tidak tertarik dengan produk Anda. Menyajikan informasi yang jelas, padat, dan informatif, terlebih informasi yang terkait dengan manfaat produk tersebut, cara pemakaian, dan poin penting lainnya akan membuat konsumen memiliki gambaran yang detil terhadap produk yang ditawarkan. Dengan informasi yang lengkap dan jelas tersebut akan meyakinkan konsumen bahwa mereka membeli produk yang tepat.

4. Kualitas produk rendah

Kualitas produk yang buruk akan membuat konsumen Anda lari. Kualitas memiliki peran yang sangat penting dibandingkan kuantitas. Meskipun Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar, namun jangan pernah sekalipun menurunkan kualitas produk Anda demi mendapatkan keuntungan. Saat ini konsumen sudah semakin cerdas dan kritis, mereka mampu membedakan mana produk yang berkualitas dan mana yang tidak bagus.

5. Kurangnya loyalitas konsumen

Membuat konsumen percaya dan loyal adalah hal yang cukup sulit. Hal terpenting yang Anda lakukan adalah dengan melakukan branding agar produk Anda lebih dikenal konsumen dan lebih mengutamakan nilai produk tersebut untuk membangun kepercayaan konsumen. Semakin besar manfaat yang didapat konsumen dari produk Anda maka kepercayaan mereka terhadap produk Anda juga akan semakin tinggi.

Berikut adalah beberapa hal yang penyebab dari kegagalan sebuah produk. Setiap kegagalan yang Anda alami khususnya dalam bisnis Anda janganlah sampai membuat diri Anda menjadi terpuruk, namun belajarlah dari kegagalan tersebut dan rubahlah kegagalan tersebut menjadi sebuah kesuksesan dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : laruno.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper