Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIPS KARIER: 7 Strategi Proaktif Saat Peninjauan Kinerja

Dalam dunia profesional, tinjauan kinerja (performance review) dapat menjadi sebuah pengalaman yang berguna, tetapi bisa juga mengecewakan. Semua tergantung pada hasil yang kita peroleh.
Ilustrasi/Popsugar
Ilustrasi/Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA--Dalam dunia profesional, tinjauan kinerja (performance review) dapat menjadi sebuah pengalaman yang berguna, tetapi bisa juga mengecewakan. Semua tergantung pada hasil yang kita peroleh.

Jika Anda berharap bisa mengambil keuntungan dari tinjauan tersebut, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk melakukan pendekatan lebih proaktif.

“Tinjuan kinerja Anda akan sangat bergantung pad Anda sendiri. Sebab, Andalah yang akan memengaruhi penilaian atasan terhadap usaha dan kontribusi yang telah dilakukan,” ujar Campus and Institutional Event Executive JobStreet Indonesia Satya Sultanudin.

Untuk itu, JobStreet Indonesia merekomendasikan tujuh strategi yang bisa dilakukan guna memastikan Anda mengantongi evaluasi positif  terhadap kinerja di lingkup profesional.

“Kuncinya adalah perencanaan. Perencanaan adalah segalanya, dan hal yang sama berlaku untuk review Anda. Selama berbulan-bulan menjelang tanggalreview Anda, lakukan pendekatan lebih proaktif dan centang daftar perencanaan berikut untuk menyiapkannya,” imbuh Satya.

Pertama, lakukan review pribadi secara jujur. Evaluasikan tujuan dan pencapaian Anda selama beberapa tahun terakhir. Mengetahui masukan yang akan disampaikan akan membantu Anda tetap tenang dan utuh selama review yang sebenarnya.

Kedua, tantang diri sendiri. Berdasarkan review pribadi Anda, tetapkanlah beberapa tantangan baru untuk memperbaiki kelemahan yang Anda miliki. Hal ini akan menunjukkan pada atasan bahwa Anda keluar dari zona aman dan mau bekerja lebih baik.

Ketiga, tunjukkan sikap kepemimpinan. Berbicara di dalam rapat dan mengajukan ide-ide serta solusi baru untuk meningkatkan produktivitas tim. Kemampuan dalam kepemiminan merupakan kontribusi bernilai bagi perusahaan.

Keempat, tingkatkan kelengkapan keterampilan Anda. Mempelajari keterampilan baru memungkinkan nilai Anda bertambah untuk pekerjaan dan perusahaan Anda. Catat kemajuan atau sertifikasi yang diberikan untuk kerja keras Anda.

Kelima, memulai proyek. Memiliki inisiatif selalu dapat memberi nilai lebih dalam review kinerja. Mulailah proyek baru yang memiliki kontribusi dalam misi perusahaan.

Keenam, tentukan tujuan untuk review Anda. Kenalilah tiga hal terpenting yang ingin Anda capai saat meninjau kinerja dengan atasan Anda. Mempunyai rencana akan membantu Anda tetap fokus selama diskusi tersebut.

Ketujuh, kenalilah kesempatan perkembangan karier. Hal ini adalah waktu yang ideal untuk review dan mendiskusikan arah perkembangan karier untuk tahun mendatang.

“Ingatlah, saat review kinerja adalah waktu terbaik Anda untuk terlibat secara proaktif dalam perusahaan, juga kesempatan terbaik untuk mengevaluasi arah perkembangan karier Anda, serta memastikan bahwa hal ini tetap sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan,” kata Satya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper