Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cermati 5 Kriteria Ini Untuk Mengenal Karakter Perusahaan Saat Mencari Kerja

Pencari kerja memadati Bursa Kerja/Antara-R. Rekotomo
Pencari kerja memadati Bursa Kerja/Antara-R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA—Bagi para lulusan baru (fresh graduate), memasuki dunia kerja untuk pertama kalinya kerap menjadi pengalaman luar biasa, tetapi bisa juga sebaliknya. Banyak yang khawatir tentang apa yang harus dilakuka npada hari pertama bekerja.

Bercemin dari karakter para fresh graduate yang seringkali khawatir dengan perusahaan tempatnya bekerja untuk pertama kali, JobStreet Indonesia meluncurkan sebuah fitur baru yang dinamai Company Reviews.

Fitur tersebut memberikan gambaran tentang calon perusahaan tempat pencari kerja. Dengan demikian, diharapkan dilema atau ketakutan berlebih dari si pelamar pekerjaan akan berkurang atau hilang.

Melalui tersebut dilengkapi dengan informasi tangan pertama seputar lingkungan kerja, gaya manajemen, budaya perusahaan, prospek peningkatan karier, kompensasi/bonus, dan benefit lainnya.

“Menemukan sebuah pekerjaan adalah salah satu dari batu loncatan kehidupan yang akan Anda ingat selamanya. Tentunya Anda akan memulai dengan kaki kanan dengan membuat keputusan yang tepat. Hal itulah yang Company Reviews lakukan untuk Anda. Biarkan kami membantu Anda menemukan tempat kerja terbaik untuk Anda mengembangkan kehidupan,” jelas Campus and Institutional Event Executive JobStreet Indonesia Satya Sultanudin, Senin (27/2/2017).

Dia juga menyarankan, saat mencari pekerjaan, perhatikanlah karakter perusahaan yang dituju berdasarkan lima kriteria. Pertama, gaji, bonus, dan benefit lainnya.  Kedua, peluang pengembangan karier.

“Cek apakah perusahaan pilihan Anda menawarkan kesempatan untuk pelatihan, pembelajaran dan pengembangan, dan bahkan promosi. Anda tentunya ingin melihat diri Anda sendiri berkembang secara profesional, bukan?”

Ketiga, keseimbangan kerja dan kehidupan. Satya mengatakan jika Anda adalah seseorang dengan multiprofesi, melihat budaya perusahaan adalah pertimbangan yang sangat besar jika ingin berkembang dalam karier. Anda pun dapat merencanakan waktu untuk mengejar kegemaran atau hobi Anda.

Keemppat, lingkungan kerja. Cari tahulah apakah perusahaan pilihan Anda memungkinkan untuk membangun hubungan yang baik dengan kolega dan menawarkan atmosfer kerja yang positif.

Kelima, manajemen. Cari tahulah tentang bagaimana pola kepemimpinan organisasi atau perusahaan pilihan Anda, mulai dari tim manajemennya, visi dan misinya, serta pengelolaan sumber daya manusianya.

“Sebab merekalah yang akan menjadi pendukung dan penggerak Anda menuju kesuksesan, baik hal tersebut merupakan kemenangan kecil maupun besar,” tutup Satya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper