Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Tip Membuka Peluang Meraih Promosi Karier

Semua orang ingin berhasil dalam kariernya, tetapi untuk meraihnya dibutuhkan proses dan kesabaran. Salah satu hal yang diidam-idamkan setiap karyawan sebagai bentuk apresiasi adalah mendapatkan promosi karier.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Semua orang ingin berhasil dalam kariernya, tetapi untuk meraihnya dibutuhkan proses dan kesabaran. Salah satu hal yang diidam-idamkan setiap karyawan sebagai bentuk apresiasi adalah mendapatkan promosi karier.

Sebagian pekerja, mendapatkan promosi adalah sebuah tantangan. Mereka pesimistis bisa meraih promosi. Padahal, bisa jadi sikap karyawan sendiri yang menghalangi peluang karier yang lebih moncer.

JobStreet Indonesia melakukan survei dan menyimpulkan beberapa langkah strategis untuk memperbesar peluang mendapatkan promosi dalam pekerjaan. Berikut adalah empat tips yang bisa diterapkan:

Pertama, Cari Tahu Apa yang Atasan Anda Inginkan

 Akan sangat membantu untuk mengetahui dan memiliki pemahaman yang baik terhadap apa yang diharapkan oleh atasan Anda. Hal itu akan membantu Anda untuk mengasah kemampuan dan kecepatan dalam bekerja, yang dianggap bermanfaat untuk sebuah promosi.

“Ingat, bahwa setiap manajer mungkin mempunyai ekspektasi berbda. Jadi lebih baik Anda berbagi tujuan dan ambisi dengan mereka sehingga mereka tahu apa yang Anda kerjakan dan dengan demikian dapat menuntun Anda,” jelas Campus and Institutional Event Executive JobStreet Indonesia Satya Sultanudin.

Kedua, Lakukan Inisiatif

Berdasarkan hasil survei, para pemimpin perusahaan ingin anggota tim mereka menawarkan diri dalam menangani proyek-proyek. Hal ini berarti bahwa mereka ingin melihat lebih banyak inisiatif dan sedikit ketergantungan.

Mempunyai inisiatif juga menunjukkan keterampilan kepemimpinan, yang merupakan atribut lain yang dihargai tinggi oleh para pemimpin perusahaan. “Jadi lain kali saat bos Anda mengumumkan proyek baru, majulah menjadi pelopor. Anda harus menempatkan diri di luar sana untuk dapat dikenal oleh bos Anda.

Ketiga, Kembangkan Potensi Diri

 Apakah Anda tahu bahwa orang sukses tidak pernah berhenti belajar dan mengembankan potensi diri. Mungkin Anda sedang berjuang dengan suatu keterampilan tertentu dalam pekerjaan yang menghambat. Jadi, mengapa tidak belajar dari seseorang yang sudah menguasainya?

 Itulah gunanya mentor. Mintalah rekomendasi dari sekitar Anda atau carilah kursus atau mentor secara online. Anda akan menemukan seseorang di luar sana yang bersedia berbagi ilmu dengan Anda,” kata Satya.

 Keempat, Lakukan Pelatihan untuk Diri Anda Sendiri

 Melanjutkan poin sebelumnya, semakin banyak pengetahuan dan keahlian yang Anda dapatkan, semakin banyak ilmu Anda, semakin banyak pula tanggungjawab yang dapat ditangani. Hal itu efektif meningkatkan kesempatan Anda untuk dipromosikan.

Jadi jangan malas untuk melakukan pelatihan yang ditawarkan oleh perusahaan. Pelatihan memang menghabiskan waktu, tetapi itulah saat dimana keterampilan Anda dalam mengatur waktu akan menjadi sangat berguna.

“Tidak perlu dikatakan, bekerja demi promosi memerlukan usaha dan komitmen. Akan tetapi, tidak ada sesuatu yang berharga dapat diraih dengan mudah. Tetaplah fokus dan rajin berusaha dan lihatlah perubahan pada karier Anda.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper