Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak Jalin Kerjasama Pendidikan

PT Marga Mandalasakti (dengan brand name ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak) bersama Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim melakukan penandatanganan nota kesepakatan Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serang dalam bidang pendidikan, sebagai upaya mencapai peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekitar Ruas Tol Tangerang-Merak.
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah Menandatangani MoU Pendididkan dengan PT MMS/Istimewa
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah Menandatangani MoU Pendididkan dengan PT MMS/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Marga Mandalasakti (dengan brand name ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak) bersama Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim melakukan penandatanganan nota kesepakatan Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serang dalam bidang pendidikan.

Kerjamasa ini, sebagai upaya mencapai peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekitar Ruas Tol Tangerang-Merak.

Dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, khususnya pada kerjasama ini telah dipilih 6 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang sebagai Sekolah Binaan untuk periode tahun 2017. Enam sekolah tersebut yaitu SDN Pejaten 1, SDN Pegadingan 1, SDN Pegadingan 2, SDN Gempol, SDN Dermayon dan SDN Margasana.

“Ke-6 SD ini dipilih di antara 28 SDN di Kecamatan Kramatwatu berdasarkan penilaian yang kami lakukan dengan turun ke lapangan dan bertatap muka langsung dengan Kepala UPTD, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan masyarakat sekitar,” kata Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Wiwiek D Santoso dalam siaran persnya

Dengan bertambahnya 6 SDN terpilih, akan ada 12 SD binaan Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak. Sebelumnya 6 SDN di Kecamatan Cikande, yakni SDN Maja; SDN Gorda 2; SDN Songgom Jaya; SDN Kosambi; SDN Rancailat dan SDN Koper 2 yang sudah dibina sejak 2013. Beberapa prestasi telah dicapai oleh SD binaan baik di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan nasional.

Kerjasama ini juga bertujuan agar sekolah dapat mengembangkan siswa yang berprestasi secara akademis, berkarakter, memiliki nilai-nilai hidup dan kebangsaan yang baik. Disamping itu juga mampu menyerap dasar-dasar kecakapan hidup serta mengenal seni budaya daerahnya. Untuk itu ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak telah menyusun rangkaian program yang akan diawali dengan pelatihan guru-guru baik pelatihan akademis, pendidikan karakter (living value), kecakapan hidup (life skill) serta seni budaya.

ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak menerapkan pola pembinaan bantuan pendidikan yang berfokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia, khususnya pada jenjang sekolah dasar yang merupakan pondasi utama pendidikan untuk mengembangkan potensi diri anak agar memiliki kecerdasan, keterampilan, berkarakter dan berakhlak mulia yang diperlukan bagi dirinya dan masyarakat dimanapun dia berada. Pemberian apresiasi terhadap sekolah yang berprestasi pun dilakukan terhadap Sekolah yang dapat mengukir prestasi diantaranya memberikan bantuan dalam peningkatan kualitas sarana-prasarana sekolah agar maju menjadi lebih baik .

Diharapkan 6 SD binaan yang baru saja bergabung tersebut juga mampu meningkatkan kualitas baik secara akademik maupun kualitas sumber daya manusia, dan mampu menjadi sekolah yang mandiri, bahkan mampu menularkannya ke SD sekitarnya.

Meskipun terdapat 6 SD binaan yang baru, pendampingan binaan juga tetap dilaksanakan kepada 6 SDN sebelumnya dengan fokus pada pengimbasan kepada sekolah-sekolah sekitar dan pendampingan antara lain pada kegiatan Rapat Kerja dan Perlombaan. “Kami berharap Sekolah Binaan yang berada di Cikande tetap dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas belajar mengajar sehingga prestasi sekolah semakin baik dan menjadi sekolah mandiri,” lanjut Wiwiek.

Melalui kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serang dan Dinas Pendidikan, diharapkan pendidikan di sekitar ruas Tol Tangerang-Merak semakin berkualitas bahkan mampu memprakarsai terwujudnya lingkungan yang lebih baik melalui pembangunan komunitas dengan sumber daya manusia yang memadai.

Tentunya dalam mewujudkan hal tersebut dibutuhkan komitmen pihak-pihak yang terlibat sesuai dengan tanggung jawab dan kewenangannya untuk berperan aktif merealisasikan tujuan bersama yaitu memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper