Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kompetisi Blog ESDM : Tiga Pemenang Ini Wakili Indonesia ke Paris

Kompetisi Blog #15HariCeritaEnergi yang digagas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sampai pada puncak kompetisi. Tiga orang pemenang akan diberangkatkan oleh International Energy Agency (IEA) untuk melakukan kunjungan ke kantor pusatnya di Paris, Prancis, awal tahun depan.
Pemenang Kompetisi Blog #15HariCeritaEnergi./esdm.go.id
Pemenang Kompetisi Blog #15HariCeritaEnergi./esdm.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kompetisi Blog #15HariCeritaEnergi yang digagas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sampai pada puncak kompetisi.

Tiga orang pemenang akan diberangkatkan oleh International Energy Agency (IEA) untuk melakukan kunjungan ke kantor pusatnya di Paris, Prancis, awal tahun depan.

Dari penilaian para juri, didapatkan 3 pemenang yang berasal dari kalangan umum dan mahasiswa. Mereka adalah Yoga Pratama sebagai Pemenang I, Luca Cada Lora sebagai Pemenang II dan Marlistya Citraningrum sebagai Pemenang III.

Yoga Pratama adalah karyawan perusahaan migas di Kota Balikpapan yang aktif sebagai ketua Earth Hour di kotanya. Ia juga menginisiasi program "Berbagi Terang" yang saat ini sudah berhasil melistriki 139 jiwa di pedalaman Kalimantan.

"Motivasi saya dan teman-teman adalah karena terang bukan hanya milik perkotaan tapi juga pedalaman. Dengan memaksimalkan sumber daya yang ada bukan tidak mungkin untuk bersinergi dengan Pemerintah dan berkolaborasi dengan anak muda untuk akses pemerataan ke seluruh negeri", ungkap Yoga, Minggu (17/9/2017).

Pemenang kedua, Luca Cada Lora, saat ini berstatus mahasiswa Teknik Kimia di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia menyampaikan harapannya terkait pengembangan EBT kepada Pemerintah.

"Masyarakat yang jauh dari perkotaan tidak perlu energi besar, perbanyak perkembangan gerakan community development berbasis EBT", kata Luca.

Sementara itu, Marlistya Citraningrum sebagai pemenang ketiga adalah program manager pada sebuah lembaga yang memiliki fokus pada energi berkelanjutan dan keadilan iklim.

Terkait pengembangan EBT di Indonesia, perempuan yang akrab dipanggil Citra ini mengatakan, "Kita sudah menuju ke arah yang benar, tetapi kita perlu semua hal yang kita punya untuk pemenuhan target yang lebih cepat," ungkapnya.

Dewan juri terdiri dari Dadan Kusdiana, Kepala Pusat Pengembangan dan Penelitian Ketenagalistrikan dan EBTKE, Sugeng Mujianto, perwakilan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Ananda Ivannanto, dan juri tamu Manager Southeast Asia Programme IEA, Kieran Clarke.

Mereka memilih ketiga pemenang untuk menjadi duta Indonesia dalam pertemuan bersama duta dari negara lain yang akan diselenggarakan di Paris, tahun depan.

Program Youth Forum adalah salah satu rangkaian dari program BCEF yang diinisiasi Kementerian ESDM c.q. Balitbang ESDM bekerja sama dengan IEA.

Program ini dimaksudkan untuk lebih melibatkan para anak muda dalam memikirkan pengembangan dan pengoptimalan EBT menuju pencapaian 23% penggunaan EBT pada bauran energi 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper