Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aqua Dorong Geliat Agrobisnis Lewat Ecofarming

Produsen air minum kemasan Aqua, PT Tirta Investama Plant Cianjur, memiliki program corporate social responsibility bernama ecofarming.

Bisnis.com, CIANJUR—Produsen air minum kemasan Aqua, PT Tirta Investama Plant Cianjur, memiliki program corporate social responsibility bernama ecofarming.

Program tersebut memungkinkan kelompok petani mengembangkan produk pertanian organik dengan nilai tambah yang lebih tinggi.

“Masyarakat bukan hanya dibina dalam pembudidayaan tanaman saja, tapi sampai kepada proses pemasaran yang baik,” ujar Senior Sustainable Development Manager Aqua Group Arif Fatullah saat mengunjungi lokasi program ecofarming di Kampung Tabrik, Cianjur, Jawa Barat, Senin (27/11).

Program tersebut, awalnya, memberikan penyertaan modal kepada kelompok petani setempat berupa 6 greenhouse pada lahan konservasi pada akhir 2015.

Perseroan menghibahkan enam fasilitas seluas 200 meter persegi tersebut sebagai medium budidaya paprika.

Penerapan ecofarming memungkinkan tanaman terbebas dari kontaminasi bahan kimia. Dampaknya, bukan hanya dapat meningkatkan angka produktifitas tapi juga mendongkrak nilai penjualan produk pangan organik tersebut.

“Sekarang bahkan petani sudah kesulitan memenuhi permintaan. Angka permintaan minimal bisa 300 kilogram per bulan, mengalahkan kemampuan angka produktifitas sekitar 200 kilogram per bulan,”ujarnya.

Penjualan produk paprika tersebut berkisar Rp25—Rp46 ribu per kilogram. Angka tersebut jauh lebih tinggi ketimbang bagi petani yang menanam varietas lain.

Aqua membantu memasarkan produk paprika organic tersebut dengan menggunakan pola bisnis yang konvensional. Pemasaran dilakukan dengan turut memanfaatkan berbagai jaringan distribusi Aqua.

“Prinsipnya semua untung dan mendapat manfaat, bentuk kolaborasi seperti ini yang dapat menghasilkan nilai tambah dengan baik.”

Menurutnya, perseroan bakal memasang tiga fasilitas greenhouse tambahan pada lokasi yang sama tahun ini.

“Berikutnya apa yang ingin kita lakukan? Insyaallah mulai tahun ini kita menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi wisata kopi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper