Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edukasi Mahasiswa, Sinar Mas Agribusiness and Food Gandeng AKPINDO

Sinar Mas Agribusiness and Food menggandeng Akademi Pariwisata Indonesia (AKPINDO) dalam mengedukasi para mahasiswa guna mendorong citra positif produk turunan kelapa sawit lokal.
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sinar Mas Agribusiness and Food menggandeng Akademi Pariwisata Indonesia (AKPINDO) dalam mengedukasi para mahasiswa guna mendorong citra positif produk turunan kelapa sawit lokal.

Hal itu dinilai penting agar mahasiswa terutama jurusan pariwisata dan kuliner memperoleh informasi dan edukasi yang tepat mengenai kelapa sawit Indonesia, di tengah maraknya berita-berita negatif dari luar negeri.

Narayana Kusuma Widjaja, Head of Indonesia Industrial and Export Sinar Mas Agribusiness and Food, menjelaskan bahwa perusahaan melihat pentingnya bentuk kerja sama dengan institusi pendidikan, sehingga informasi yang benar, tepat, dan menyeluruh dapat diberikan kepada para cikal bakal pengguna dan pengolah bahan-bahan kelapa sawit.

"Kami harapkan informasi dan edukasi yang diberikan dapat membantu para mahasiswa untuk menampik berita negatif tersebut, dan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap penggunaan produk lokal dengan kualitas internasional," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (8/1).

Sebaliknya, sambungnya, para mahasiswa yang akan bekerja di dalam atau luar negeri diharapkan mendapatkan pemahaman yang baik, sehingga menjadi duta bangsa yang dapat memberikan pemahaman yang benar mengenai kelapa sawit Indonesia.

Narayana menambahkan, selain untuk memberikan edukasi kepada para mahasiswa, kerjasama dengan AKPINDO juga bertujuan untuk memajukan pendidikan kuliner, sekaligus mendukung perkembangan sektor pariwisata di Indonesia.

Kerja sama itu diimplementasikan dengan program pemberian dukungan edukasi dan pengetahuan, serta bahan pendukung perkuliahan bagi mahasiswa di akademi tersebut.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Muhamad Arsyad, selaku Direktur AKPINDO, dan Narayana Kusuma Widjaja, Head of Indonesia Industrial and Export Sinar Mas Agribusiness and Food, di Kampus AKPINDO, Senin (8/1).

"Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan wawasan menyeluruh baik dari proses produksi produk olahan minyak sawit, ragam jenis produk olahan dan cara pengaplikasian yang benar,” jelas Narayana.

Menurutnya, dalam program kerja sama ini, Sinar Mas Agribusiness and Food akan memberikan (memasok) produk-produk olahan minyak sawit berkualitas tinggi perusahaan dengan merek FILMA, Palmboom, I-Soc untuk mendukung mata kuliah Pastry, International Bakery, dan Cake Decoration.

Selain itu, para mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pusat riset perusahaan, “Para mahasiswa dapat mengunjungi SMART Global Research and Development Center yang berlokasi di Marunda dimana kami melakukan pengelitian dan pengembangan produk. Salah satunya adalah pembaharuan formula terhadap produk-produk kami dengan menghilangkan lemak trans (trans-fat free) tanpa mengorbankan mutu produk,” paparnya.

Narayana menerangkan kerjasama di bidang pendidikan kuliner dengan APKINDO ini merupakan yang ketiga dengan sekolah/akademi pariwisata/kuliner, setelah pada tahun sebelumnya SMART melakukan kerjasama dengan Akademi Pariwisata Majapahit (Surabaya) pada Maret 2017 dan Bali Culinary Pastry School (Bali) pada April 2017.

Muhamad Arsyad, Direktur AKPINDO, menyatakan, pemberian bahan pendukung perkuliahan dari Sinar Mas Agribusiness and Food akan membantu siswa didik AKPINDO, sekaligus menjadi bahan edukasi tentang keunggulan produk Indonesia, terutama produk Sinar Mas Agribusiness and Food.

"Para dosen dan siswa juga akan senang diberi kesempatan untuk berkunjung ke SMART Global Research and Development Center dan berbagi ilmu pengetahuan dengan para chef yang ada di perusahaan,” ungkapnya.

Arsyad menambahkan ilmu pengetahuan dan product knowledge itu akan menjadi bekal yang cukup berharga bagi sekitar 800 siswa diploma 3 dan 100 siswa diploma 1 di AKPINDO. Terlebih lagi, saat para siswa menjalani on the job training di sejumlah hotel bintang lima di ibu kota.

APKINDO sudah menjalin kerjasama dengan seluruh hotel bintang lima di Jakarta, antara lain JW Marriott, Ritz Charlton, Grand Hyatt, Four Season, dan Raffles.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper