Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Tips Pergerakan Karier Bagi Perempuan di Usia 30-an

Bagi banyak perempuan, usia 30-an adalah usia yang menantang dalam hal karier dan kehidupan pribadi. Tidak sedikit yang tidak tahu bagaimana menyeimbangkan karier dengan kehidupan pribadi. Apalagi, usia 30-an seringkali menjadi titik kritis dalam karier seseorang, antara maju terus ke posisi yang lebih tinggi atau hanya bertahan di level sekarang.
Ilustrasi - Popsugar
Ilustrasi - Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi banyak perempuan, usia 30-an adalah usia yang menantang dalam hal karier dan kehidupan pribadi.

Tidak sedikit yang tidak tahu bagaimana menyeimbangkan karier dengan kehidupan pribadi. Apalagi, usia 30-an seringkali menjadi titik kritis dalam karier seseorang, antara maju terus ke posisi yang lebih tinggi atau hanya bertahan di level sekarang.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui apa yang diinginkan dan memastikan langkah yang diambil tepat. Berikut sepuluh pergerakan karier yang mesti dipertimbangkan perempuan pekerja di usia kritis ini, seperti dilansir dari Huffington Post dan Qerja:

1. Buat rencana aksi
Pada usia 30-an tahun, Anda sudah memiliki pengalaman yang baik, gaji yang layak, dan bahkan mungkin telah dipromosikan beberapa kali. Tetapi, bisa saja ternyata Anda menuju arah yang salah.

Tulislah tiga prioritas yang menjadi cerminan dari karier dan hidup Anda. Apakah Anda sudah puas dengan posisi sekarang? Atau posisi saat ini justru masih jauh dari cita-cita sebenarnya?

Setelah tahu apa yang menjadi prioritas utama, Anda tinggal membuat rencana tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu.

2. Negosiasikan gaji
Perbedaan gaji antara pekerja perempuan dan lelaki masih banyak terjadi, termasuk di perusahaan-perusahaan besar. Sebagian perempuan karier terlihat tidak peduli karena sudah mengganggap ketidaksetaraan gaji karena perbedaan gender sebagai hal yang biasa.

Penting untuk menegosiasikan gaji agar kemampuan Anda dihargai dengan layak dan setara dengan pekerja lelaki. Untuk itu, Anda perlu tahu keunggulan yang dimiliki dan apa yang bisa diberikan untuk perusahaan. Anda juga perlu tahu data rata-rata gaji untuk posisi yang sama di industri yang digeluti.

Saat bernegosiasi, biarkan atasan yang menawarkan besaran gaji, baru kemudian Anda meminta lebih tinggi dari apa yang ditawarkan. Biasanya, manajer tidak menyebutkan batas atas gaji untuk karyawan pada posisi seperti Anda sehingga mestinya ada ruang yang dapat dimanfaatkan untuk bernegosiasi.

3. Berusaha untuk maju
Jangan hanya minta promosi atau kenaikan gaji, Anda harus berusaha sendiri untuk bisa maju. Misalnya, lebih rajin mengirim laporan perkembangan pekerjaan kepada atasan.

4. Pencitraan diri
Pembentukan citra diri akan membantu Anda ke jalur karier yang benar. Hal ini penting karena orang lain juga akan menilai apakah Anda orang yang cocok untuk maju dan membuat perubahan di organisasi.

5. Menciptakan peluang dengan memanfaatkan jaringan
Jaringan bisnis sangat penting untuk menunjang karier. Anda bisa mendapatkan klien untuk perusahaan atau bahkan peluang kerja baru dari orang-orang yang ada di jaringan.

6. Temukan mentor
Meski sudah bekerja bertahun-tahun, bukan berarti Anda sudah tidak lagi membutuhkan bimbingan dan arahan dari orang sukses di bidang yang digeluti. Mentor bisa membantu menjalin hubungan dengan orang-orang sukses lainnya atau bahkan membantu mengangkat karier Anda dengan tangan sendiri.

Mentor bisa didapatkan dari orang-orang di sekitar kantor, alumni, ataupun asosiasi.

7. Cari tahu hal yang membuat Anda bahagia
Jangan lupa mencari tahu hal apa yang benar-benar dapat membuat Anda bahagia, bergairah, dan tidak stres dengan pekerjaan. Carilah peluang untuk bisa mengerjakan hal yang disukai. Siapa tahu ternyata bisa dikembangkan menjadi bisnis sendiri.

8. Meningkatkan pendidikan
Jika berpikir untuk pindah kerja atau mendapat penghasilan yang lebih baik, ada baiknya Anda kembali ke sekolah. Pada usia 30-an, perempuan karier sudah cukup matang untuk mengambil keputusan ini dan mempertimbangkan keuntungan dari investasi yang dilakukan sekarang.

9. Mengambil risiko lebih besar
Pada usia 30-an, Anda sudah punya jaringan yang kuat, pengalaman yang banyak, dan keahlian yang mumpuni untuk mengambil langkah karier yang risikonya lebih tinggi. Jangan takut untuk melakukan sesuatu yang baru.

10. Berhenti mengkritik diri sendiri
Seringkali yang menjadi penghambat karier adalah diri sendiri. Kepercayaan diri adalah sesuatu yang penting. Jangan ragu untuk maju dan berhenti menjadi kritikus terburuk untuk diri sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Qerja

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper