Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inspirasi Penting Tahun Anjing

Hingga akhir tahun ini, anjing lah yang menjadi inspirasi. Mengapa? Karena menurut penanggalan China yang menggunakan karakter binatang, tahun ini dianggap sebagai tahun anjing. Anjing tanah tepatnya.
Anthony Dio Martin/Istimewa
Anthony Dio Martin/Istimewa

Hingga akhir tahun  ini, anjing lah yang menjadi inspirasi. Mengapa? Karena menurut penanggalan China  yang menggunakan karakter binatang, tahun ini dianggap sebagai tahun anjing. Anjing tanah tepatnya.

Anjing memang kontroversial. Ada yang suka, ada yang anti. Akan tetapi, dari berbagai binatang piaraan sepanjang sejarah manusia, anjing termasuk yang cukup lama hidup dalam lingkungan manusia. Padahal, anjing sebenarnya punya kedekatan DNA dengan serigala. Mereka pun bisa disilangkan. Menariknya, data sejarah mengatakan bahwa justru domestifikasi anjing, asal muasalnya kemungkinan dari dataran Asia, tepatnya di China. Mungkin karena keakraban tersebut, binatang ini pun lantas masuk dalam ke-12 shio dalam penanggalan China.

Di sisi lain, ada beberapa karakter dari anjing yang membuatnya dijadikan sebagai binatang domestik. Selain karena patuh, anjing punya berbagai kelebihan yang akhirnya dijadikan sebagai binatang piaraan. Misalnya, ada anjing penjaga yang tugasnya memang jaga rumah. Ada anjing pelacak yang digunakan untuk melacak berbagai jenis bahan tertentu. Ada anjing penggembala untuk menggembalakan ternak. Hingga ada anjing pemburu yang digunakan pada zaman kerajaan untuk berburu.

Dijauhi Tapi Dipuji

Ada beberapa kisah anjing yang sebenarnya cukup inspiratif. Masih ingatkah kita tentang berbagai kisah kehidupan anjing yang luar biasa. Di Jepang, misalnya ada kisah tentang Hachiko yang terkenal. Sampai-sampai, dibuat filmnya pada 2010, yakni Hachiko: A Dog's Tale. Inilah kisah tentang loyalitas yang luar biasa. Pada  1925, pemiliknya profesor Hideaburo Ueno meninggal. Si anjingnya ini, Hachiko tidak tahu. Jadi, selama 9 tahun, Hachiko menunggu bolak balik di Stasiun Shibuya, hingga dia mati. Patung anjing yang setia ini pun dibangun di sana.

Kisah anjing lain yang luar biasa lainnya adalah kisah seekor anjing di kota Mumbai. Namanya Zanjeer. Ini adalah kisah tentang  anjing yang ikut bertugas di kepolisian. D alam "kariernya" di kepolisian, si anjing ini ternyata sukses mendeteksi 3,329 kg bahan peledak RDX, 600 detonator, 249 granat tangan, serta 6.406 amunisi yang berhasil menyelamatnya nyawa ribuan orang.

Namun, di usianya yang ke-8, Zanjeer mati karena kanker. Yang luar biasa, sebagai penghormatan baginya, di kepolisian melakukan ucara penguburan seperti layaknya seorang pahlawan.

Lepas dari berbagai manfaat tersebut, kali ini, tulisan ini mencoba mengambil intisari dari kehidupan seekor anjing. Kita bisa belajar dari berbagai kisah inspiratif seputar anjing yang setia dan dipadukan dengan  berbagai komentar positif ataupun miring seputar anjing. Hasil gabungan ini menjadi intisari inspirasi untuk Anda. Inilah lima inspirasi yang bisa kita petik dari seekor anjing.

Apa pembelajarannya? Pertama, meskipun banyak dihina dan dicela, banyak anjing yang masih memberikan manfaat. Paling tidak, secara sederhana, anjing melakukan peran sebagai penjaga rumah. Nah, artinya, meskipun Anda pun mungkin dicela dan dihina, tetaplah memberikan suatu manfaat dan kegunaan bagi orang-orang di sekitar Anda.

Jangan mau kalah dari seekor anjing. Dua kisah anjing di Jepang dan di India tadi menunjukkan bahwa anjing ternyata juga bisa memberikan manfaatnya, dengan kesetiaan ataupun dengan kemampuannya. Nah, daripada fokus kepada kekurangan dan hal-hal buruk yang Anda alami, lebih baik fokuskan energi Anda kepada keunggulan dan kebermanfaatan dirimu.

Belakangan ini, juga berkembang ilmu psikologi positif. Intinya, jika selama ini ilmu tentang perilaku ini banyak berfokus dan bicara soal kekurangan dan abnormalitas, fokuskanlah pada hal yang positif. Teori ini pun lantas memberikan catatan sederhana. Daripada terus-menerus fokus pada kekurangan dan menuutupi gap tersebut, lebih baik fokuskanlah pada kelebihan dirimu dan kembangkanlah di area itu.

Pemahaman ini, cukup banyak mempengaruhi pendidikan dan pola asuh anak dewasa ini pula. Termasuk pula dalam hal pengembangan diri kita. Apakah selama ini kita lebih banyak fokus pada kekurangan dan kelemahan, ataukah berfokus pada kelebihan dan kontribusi yang kita berikan.

Kedua, anjing juga bisa jadi inspirasi soal berbicara yang penuh makna. Masih ingat pepatah Anjing Menggonggong Kafilah Berlalu. Nah, mengapa kafilahnya belalu? Alasannya, karena gonggongan anjing itu tidak punya makna sama sekali. Nah, supaya orang lain pun bukan hanya berlalu dan menyepelekan diri kita, bicaralah penuh makna. Jadikanlah diri kita diperhitungkan dan didengarkan dengan menyampaikan hal-hal yang sungguh bermakna, bermanfaat.

Bicara soal omongan yang bermakna, itulah yang menjadi nasihatnya multi jutawan Warren Buffet. Dalam buku The Warren Buffet Way karya Robert Hagstrom, bahkan Warren Buffen menganjurkan pentingnya bicara dengan makna. Intinya, Warren Buffet mengatakan, “Kemampuan bicara yang penuh makna, bisa menentukan atau menghancurkan karier serta reputasi!”

Begitulah, seekor anjing pun mengajarkan, apakah gonggongannya didengar atau dicuekin, sangat bergantung pada makna yang diberikan. Begitu pula, dalam komunikasi mulai dari obrolan sehari-hari, postingan di media sosial hingga dalam presentasi formal kita, pastikan kalimat-kalimat yang kita berikan sungguh bermakna. Atau, risikonya, Anda dicuekin!

Ketiga, jangan hanya bicara tetapi bertindaklah. Nah, di luar negeri ada pepatah tentang anjing yang bunyinya Anjing Mnggonggong, Tidak Menggigit. Artinya, ada orang yang hanya gertak sambal saja. Mereka menggertak, tetapi tidak melakukannya. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari kita bertemu dengan orang yang bicaranya lantang, teriaknya kencang. Hanya itu lah kemampuannya. Tatkala akhirnya dihadapkan pada ujian untuk melakukan sesuatu, mereka pun ciut nyalinya. Nah, apakah kamu termasuk orang yang demikian? Yang kuat dan lantang bicaranya, tetapi nyalinya ciut ketika harus melakukan tindakan.

Sampai-sampai, menariknya ada seorang pakar Astroscience, yang mengatakan bahwa pada tahun ini pun, kita perlu mewaspadai orang-orang yang hanya bisa bicara dan ngomong, tetapi tidak mampu bekerja sama sekali. Jika kita kaitkan dengan masa menjelang Pilkada, ini pula waktu di mana akan ada banyak yang bicara bak 'anjing yang menggonggong', tapi gigitannya tidak ada. Inilah yang perlu kita waspadai juga.

Keempat, pernahkah Anda dengar peribahasa “Tuah anjing, celaka kuda”. Dalam masyarakat kita, kalimat ini kurang lebih bicara soal nasib orang yang tidak sama. Bahkan, terkadang keberuntungan seseorang, bisa jadi kemalangan bagi orang lain. Begitu lah kehidupan. Kadang-kadang, apa yang menjadi krisis bagi seseorang, bisa jadi keberuntungan bagi orang lain. Di sini hidup jadi relatif.

Oleh karena itu, kadang kita tidak perlu merasa iri ataupun marah dengan kemujuran orang lain. Setiap orang akan punya tuah (keberuntungan)-nya. Yang penting adalah terus bergiat dan berkarya. Apalagi di era disrupsi yang membuat banyak orang ketakutan, khususnya dalam dunia bisnis.

Akan tetapi, kalau kita lihat dari kacamata ini, sesuatu yang menakutkan dan bencana, justru bisa jadi peluang dan kesempatan bagi orang lain. Bergantung pada kita memandangnya!

Kelima, kebijaksanaan lain yang bisa dipetik dari anjing adalah pepatah, "Manusia Tertarik oleh Tanah Airnya, Anjing tertarik oleh Piringnya". Di sini perumpamaan terakhir ini mengajari kita untuk membedakan harkat kita dari seekor anjing yang kadang pikirannya sempit. Dikatakan bahwa anjing biasanya lebih tertarik pada piring dan makanannya. Manusia hendaknya lebih dari seekor anjing, dalam hal berpikirnya.

Manusia mestinya melihat lebih jauh ke depan. Lebih luas. Ini sekaligus juga sindiran. Jadi, kalau kita tidak melihat jangka panjang, hanya orientasi sekarang dan saat ini, mungkin kita tidak ada bedanya dengan anjing.

Dengan kata lain, inilah pula masa dimana kita harus membuat perencanaan yang lebih strategis dan berjangka panjang. Jangan hanya memikirkan situasi sekarang tapi mengorbankan jangka panjang.

Nah, semoga di tahun anjing ini membuat kita lebih waspada, lebih tangkas dalam bekerja. Bukan hanya pandai berkata-kata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper