Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akuisisi Blok ONWJ, Capitalinc (MTFN) Rights Issue Rp2,78 Triliun

PT Capitalinc Investment Tbk. (MTFN) mengincar dana segar hingga Rp2,78 triliun dari penawaran saham terbatas (rights issue) yang akan digelar pada Maret 2014.
 Ladang Minyak Blok ONWJ/Bisnis
Ladang Minyak Blok ONWJ/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Capitalinc Investment Tbk. (MTFN) mengincar dana segar hingga Rp2,78 triliun dari penawaran saham terbatas (rights issue) yang akan digelar pada Maret 2014.

Seperti dikutip dari prospektus yang dipublikasikan, Kamis (6/2/2014), perseroan berencana menggelar penawaran umum terbatas (PUT) IV kepada para pemegang saham perseroan dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Perseroan akan menawarkan sebanyak-banyaknya 27,83 miliar saham dengan harga penawaran Rp100 per saham, sehingga total dana yang diincar sebesar Rp2,78 triliun. Bertindak sebagai pembeli siaga adalah PT Samuel International.

Mengingat jumlah saham yang ditawarkan hingga 27,83 miliar saham, maka pemegang saham lama yang tidak melaksanakan haknya akan terdilusi dalam jumlah maksimum 87,41% sesudah pelaksanaan HMETD.

Perseroan berencana menggelar RUPS Luar Biasa untuk meminta persetujuan pemegang saham pada 10 Maret 2014.

Dana hasil rights issue ini sekitar 93,48% atau US$210 juta (Rp2,52 triliun) akan digunakan untuk mengakuisisi 100% saham Owen Holdings yang dimiliki oleh Densel Ventures Ltd (DVL) sebesar 69,39% dan OG Resources Limited sebesar 30,61%.

Owen adalah pemilik 49% saham EIBL dan EIBL adalah pemilik 100% saham Energi Mega Persada ONWJ Ltd (Labuan, Malaysia) yang merupakan pemilik 36,72% working interest di Blok Offshore Northwest Java (ONWJ).

Rencana pembelian saham ini dilakukan melalui conditional share sale and purchase agreement (CSPA) yang telah ditandatangani pada 30 Januari 2014.

Adapun sisa dana rights issue 6,52% atau US$14,65 juta (Rp175,82 miliar) akan digunakan untuk modal kerja.

Untuk diketahui, Capitalinc Investment adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan umum, pengangkutan dan jasa, serta melakukan penyertaan atau investasi pada perusahaan lain (termasuk tapi tidak terbatas pada bidang pertambangan dan energi).

Manajemen mengklaim rights issue ini dilakukan sehubungan dengan rencana perseroan untuk memfokuskan kegiatan investasinya pada sektor migas.

Dengan demikian, maka perseroan melakukan akuisisi blok migas, sehingga dapat memberikan kontribusi pendapatan kepada perseroan dan memberi nilai tambah bagi pemegang saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper