Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA MINYAK: Pedagang Kecewa Pada Sikap OPEC, Harga Naik

Harga minyak dunia berbalik naik (rebound) dari penurunan pada hari sebelumnya Jumat (26/5/2017) atau Sabtu (27/5/2017) pagi WIB, karena para pedagang mengabaikan kekecewaan mereka atas kesepakatan pengurangan produksi Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).
Harga Minyak WTI/Reuters
Harga Minyak WTI/Reuters

Bisnis.com, NEW YORK -  Harga minyak dunia berbalik naik (rebound) dari penurunan pada hari sebelumnya  Jumat (26/5/2017) atau Sabtu (27/5/2017) pagi WIB, karena para pedagang mengabaikan kekecewaan mereka atas kesepakatan pengurangan produksi Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Harga minyak turun tajam pada Kamis (25/5). Harga  minyak mentah AS dan minyak mentah Brent turun hampir 5%, karena investor kecewa dengan keputusan OPEC untuk memperpanjang pengurangan produksi selama sembilan bulan.

Negara-negara OPEC dan non-OPEC pada Kamis (25/5) memutuskan untuk memperpanjang pemangkasan produksi minyak bersama selama sembilan bulan guna menyeimbangkan pasar minyak global setelah pertemuan tingkat menteri di Wina.

OPEC dan beberapa produsen minyak Non-OPEC bersama-sama memangkas produksi 1,8 juta barel per hari dari awal 2017 sampai 1 Juli 2017, berusaha menyeimbangkan pasar minyak dari kelebihan produksi. Dengan perpanjangan, pemotongan produksi minyak akan diperpanjang sampai Maret 2018.

Para pedagang semula berspekulasi  mungkin kartel akan membuat pemotongan produksi lebih dalam atau bahkan mempertahankan kesepakatan di tempat itu selama satu tahun lagi.

Sementara itu, jumlah rig yang beroperasi di ladang-ladang AS meningkat sebanyak dua rig menjadi 722 rig pada minggu ini, menandai kenaikan mingguan yang kesembilanbelas, perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes melaporkan pada Jumat (26/5).

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, bertambah US%0,90  menjadi   US$49,80  per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juli, naik US$0,69  menjadi US$52,15  per barel di London ICE Futures Exchange.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/Xinhua/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper