Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LPKR Gelar Crossing Saham

Pemegang saham PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) melakukan transaksi crossing saham nilai sekitar Rp1,3 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA--Pemegang saham PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) melakukan transaksi crossing saham nilai sekitar Rp1,3 triliun.

Berdasarkan data yang diperoleh dari aplikasi RTI, transaksi itu dilakukan melalui broker PT Ciptadana Sekuritas Asia sebanyak 1,2 miliar lembar saham pada harga Rp1.060 per saham. Transaksi ini dilakukan di pasar negosiasi.

Pada Jumat (8/9/2017), harga perdagangan saham perusahaan properti pada penutupan pasar mencapai meningkat 15 poin atau 2,08% menuju level Rp735 per lembar saham. Harga saham dalam transaksi crossing saham lebih tinggi 44% dari harga penutupan saham harian.

Transaksi crossing saham itu dilakukan 2 kali yakni pada pukul 15.53 WIB dan 15.54 WIB masing-masing memiliki volume 6 miliar saham. Selain dua transaksi besar tersebut, pada hari yang sama ada tiga crossing saham dalam jumlah yang lebih kecil.

Sebelumnya, transaksi crossing saham dilakukan melalui PT Valbury Sekuritas Indonesia pada pukul 09.12 WIB sebanyak 20.500 lembar saham pada harga Rp735 per saham. Lalu dua transaksi lain juga dilakukan oleh Ciptadana.

Pada pukul 14.13 WIB dan 14.14 WIB, Ciptadana melakukan transaksi crossing saham pada harga Rp785 per saham volume masing-masing sebanyak 636.900 lembar saham. Pada hari yang sama, terdapat lima transaksi crossing saham.

Berdasarkan sumber yang dihimpun Bisnis, terdapat dua nasabah institusi sebagai pembeli pada crossing saham LPKR yakni PT Inti Anugrah Propertinto dan Conrex Limited. Sementara itu, nasabah jualnya adalah Conrex Limited dan Pacific Asia Holding.

Analis Recapital Sekuritas, Kiswoyo mengungkapkan, transaksi crossing saham di pasar negosiasi tidak menutup kemungkinan mengerek harga saham yang ada di pasar regular.

"Tidak menutup kemungkinan, aksi crossing saham dilakukan hanya untuk memindahkan investasi dari kantong kiri ke kantong kanan. Pemiliknya tetap sama," ungkapnya saat dihubungi.

Sebelumnya, Pacific Asia Holding Ltd. telah melakukan divestasi saham di PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) hingga Rp1,16 triliun pada Jumat (25/8/2017). Saat itu, saham LPKR dijual pada harga Rp1.035 per saham.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper