Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

15 Tips Aman Berkendara Saat Banjir

Di musim hujan seperti sekarang ini, bukan hanya potensi banjir dan sakit mengintai kita semua.
Ilustrasi mobil terjebak banjir/istimewa
Ilustrasi mobil terjebak banjir/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Di musim hujan seperti sekarang ini, bukan hanya potensi banjir dan sakit mengintai kita semua.

Selain itu, musim hujan juga potensi terjadinya kecelakaan juga makin besar. Pasalnya, jalanan yang becek dan licin bisa membuat ban tergelincir, terutama untuk ban yang kondisinya sudah gundul.

Selain itu, masalah jarak pandang yang terbatas akibat hujan lebat juga berpotensi menimbulkan kecelakaan karena terbatasnya penglihatan.

Karena itu, banyak orang yang lebih berhati-hati mengemudi saat hujan turun. Ada beberapa tips mengemudi yang aman saat hujan dan banjir berikut ini:

1. Hindari mengebut saat banjir, agar terhindar dari cipratan berlebih di ruangan mesin yang berpotensi mobil mogok di tengah jalan

2. Gunakan gigi satu saat mennrjang banjir agar lebih aman, dan khusus untuk mobil matic pindahkan gigi ke posisi L atau 1. Karena beban mobil lebih berat saat menerjang banjir

3. Tidak perlu khawatir saat knalpot kemasukan air banjir. Karena air tidak akan bisa masuk knalpot selama mesin dalam keadaan hidup.

4. Perhatikan filter udara di ruang mesin, karena bagian ini lebih rentan bikin mogok saat banir ketimbang knalpot, karenanya perlahanlah saat melintas di tengah banjir

5. Jika memungkinkan, hindari berhenti di tengah banjir. Karena saat mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.

6. Pada dasarnya, mobil bermesin diesel lebih aman menerjang banjir dibanding mesin bensin. Diesel lebih bersifat 'Waterproof'.

7. Jangan terlalu agresif menginjak gas saat melintasi banjir, karena akan membuat filter udara semakin kuat menyedot udara, yang makin berpotensi menghisap air masuk dalam mesin mobil

8. Selalu siaga dan cermat. Tanpa disadari, yang membuat mobil mogok justru terjangan ombak air berlebih dari mobil sebelah.

9. Setelah melewati genangan, jangan langsung tancap gas, karena ini cukup berbahaya karena kondisi rem  masih sangat licin.

10.Cara mengeringkan rem setelah melewati yaitu cukup dengan melakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.

11.Untuk mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di genangan banjir.
karena bisa membuat air masuk ke transmisi, yang berpotensi merusak transmisi karena oli bercampur air.

12. Jika belum familiar dgn jalan yg dilewati. Usahakan jangan melintas di pinggir jalan. Mungkin saja ada selokan yang bisa membuat mobil terperosok

13. Jika mobil mengambang karena terseret arus, buka semua pintu agar mobil tenggelam dan ban dapat melaju.

14. Jangan sesekali menggunakan seat belt, dan buka kaca untuk berjaga-jaga jika harus evakuasi dari mobil

15. Yang teraman adalah berhentilah sebelum melewati banjir, dan menunggu hingga surut. Karena jika memaksakan bisa berpotensi keseret arus atau kesetrum karena aliran listrik PLN bocor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper