Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Porsche: Truk Logistik Masa Depan 100% Bertenaga Listrik

Perusahaan otomotif asal Jerman, Porsche mempunyai ambisi untuk mengubah seluruh truk logistik di masa depan menggunakan tenaga listrik. Perusahaan ini terus melakukan riset untuk membuat hal itu menjadi nyata.
Logo Porsche/Istimewa
Logo Porsche/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan otomotif asal Jerman, Porsche mempunyai ambisi untuk mengubah seluruh truk logistik di masa depan menggunakan tenaga listrik. Perusahaan ini terus melakukan riset untuk membuat hal itu menjadi nyata.

Pekan ini Porsche mencoba truk 40 ton bertenaga listrik pertama di dunia yang bisa dikendarai. Proyek mengubah seluruh kendaraan logistik ini diberi nama eJIT.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (24/6/2017),lebih dari 600 truk tiba di pabrik Porsche Leipzip setiap hari sebagai bagian dari jaringan logistik. Truk listrik pertama yang diuji coba digunakan untuk menghubungkan antara pusat logistik dengan pusat pasokan perakitan

Proyek percobaan truk listrik ini melibatkan IAV GmbH, Schnellecke Logistics, Volkswagen Sachsen dan Saxony Automotive Supplier Network. Tujuan dari proyek percontohan ini adalah untuk menguji penggunaan truk listrik dalam kondisi nyata dalam operasi multi-shift di pabrik otomotif.

Berdasarkan hasil uji coba, baterai terisi saat proses berlangsung dengan menggunakan charger 150 kW. Setelah terisi penuh, truk tersebut memiliki jarak tempuh sekitar 70 kilometer dan kecepatan tertinggi 85 kilometer per jam. Dihitung dengan pengisian daya dan jarak tempuh, memungkinkan truk tersebut digunakan dalam operasi tiga shift.

Di samping proyek di Porsche Leipzig, sebuah truk listrik kedua sedang diuji oleh Volkswagen Sachsen di pabrik Zwickau.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper