Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alat Angkut Khusus Sawit Rakitan Astra Otoparts

PT Astra Otoparts Tbk. melalui anak usahanya PT Velasto Indonesia memamerkan alat angkut khusus sawit, Wintor. Wintor pertama kali diproduksi pada 2013 silam.

Bisnis.com, CIKARANG - PT Astra Otoparts Tbk. melalui anak usahanya PT Velasto Indonesia memamerkan alat angkut khusus sawit, Wintor. Wintor pertama kali diproduksi pada 2013 silam.

Hingga saat ini, popilasi kendaraan niaga mini ini tercatat sebanyak 1.177 unit yang tersebar di sejumlah wilayah seperti di kawasan Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Harga jual kendaraan ini sekitar Rp100 juta dengan tingkat kandungan lokal mencapai 86%," kata Reiza Treistanto, Direktur PT Velasto Indonesia di Cikarang, Jumat (28/7/2017).

Mobil ini menggunakan mesin diesel berkekuatan 10 HP dan mampu mengangkut kelapa sawit dengan kapasitas 500 kg. Adapun konsumsi bahan bakar Wintor rata-rata 0,5 liter per jam. Ini menjadikan Wintor sebagai kendaraan angkut yang tangguh namun irit bahan bakar.

Reiza mengklaim, perusahaan pengguna Wintor mampu menekan biaya hingga 60%. Dia memaparkan, dengan Wintor pengguna hanya mengeluarkan biaya rata-rata senilai Rp40 per kg tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

Itu sudah termasuk investasi pembelian kendaraan, penggantian suku cadang, gaji operator dan pemanen untuk area seluas 20 hektare hingga 30 hektare dengan produksi 16 ton per unit per hari.

"Biaya rata-rata tersebut lebih rendah 60% dibandingkan jika menggunakan metode angkutan manual yakni senilai Rp100 per kg TBS sawit," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper