Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tip Aman Berkendara di Musim Hujan

Keselamatan merupakan tanggung jawab setiap pengguna jalan. Kewaspadaan dan perhatian para pengguna jalan perlu dijaga untuk mendukung terciptanya keamanan serta kenyamanan saat bepergian.
Jakarta diguyur hujan/Antara
Jakarta diguyur hujan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Keselamatan merupakan tanggung jawab setiap pengguna jalan. Kewaspadaan dan perhatian para pengguna jalan perlu dijaga untuk mendukung terciptanya keamanan serta kenyamanan saat bepergian.

Saat ini musim hujan telah tiba. Kewaspadaan berkendara di jalan raya sangat diperlukan. Berikut tip aman berkendara ala Chevrolet:

1. Melakukan pengecekan pada kendaraan Anda, termasuk wipers, tekanan ban, oli, mesin, baterai dan lampu. Pengisian bahan bakar dalam kondisi penuh sangat diperlukan sebelum Anda bepergian jauh.

2. Rencanakan rute Anda sebelum bepergian, terlebih saat Anda menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi. Perasaan tersesat akan menimbulkan kebingungan dan menganggu konsentrasi. Terlebih lagi, potensi cuaca dan jarak pandang yang buruk membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati.

3. Gunakan gigi rendah ketika menghadapi jalan menanjak atau turunan yang curam dan licin. Menggunakan gigi rendah memudahkan mesin untuk melakukan pengereman sebelum mencapai tikungan curam dan membantu Anda mengontrol kecepatan kendaraan, serta membuat rem Anda bertahan lebih lama.

4. Pastikan kendaraan Anda pada kondisi yang baik, terutama pada bagian mesin. Dalam kondisi jalan yang berbukit, mobil dengan torsi besar akan lebih andal dalam menaklukan medan.

5. Latih kesabaran. Walaupun saat ini bukan puncak musim liburan, pengemudi harus dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan. Hindari menyusul kendaraan lain ketika Anda tidak bisa melihat jalanan di depan Anda, seperti pada tikungan, jembatan, bukit, dan lereng gunung.

6. Manfaatkan teknologi pendukung, seperti Lane Departure Warning, Forward Coallision Alert, Panic Brake Assist, Electronic Stability Control, dan Anti-Rolling Protection.

Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia mengatakan berkendara saat musim hujan memerlukan perhatian yang lebih, khususnya dalam kesiapan kendaraan dalam melewati jalan licin maupun banjir.

“Kami menyarankan memeriksa kendaraan untuk memastikan mobil dalam keadaan aman saat dipakai di musim hujan,”katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (8/10/2017).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper