Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitsubishi Cable Industries Palsukan Data Produk. Termasuk Produk Untuk Industri Pesawat Terbang

Mitsubishi Cable Industries telah memalsukan data produk yang digunakan oleh ratusan pelanggan untuk industri seperti pesawat terbang. Tidak ada masalah keamanan yang ditemukan sejauh ini.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JEPANG – Sebuah unit usaha Mitsubishi Materials Corp diketahui memalsukan data produk selama bertahun-tahun, demikian dilaporkan Nikkei, Kamis (23/11/2017). Hal ini menjadi skandal penjaminan mutu terbaru yang melibatkan pabrikan Jepang.

Mitsubishi Cable Industries telah memalsukan data produk yang digunakan oleh ratusan pelanggan untuk industri seperti pesawat terbang. Tidak ada masalah keamanan yang ditemukan sejauh ini, tulis Nikkei mengutip banyak sumber.

Sejauh ini Mitsubishi belum bisa dibhubungi terkait hal ini karena hari libur nasional.

Situs perusahaan mengatakan bahwa O-ring, yang digunakan sebagai produk penyegel, dipasok ke area penting pesawat terbang dan penggunaan nuklir. Suku cadang ini diklaim diproduksi dengan kualitas dan keandalan tingkat tinggi.

Laporan Nikkei mengatakan perusahaan tersebut menemukan masalah tersebut dalam sebuah penyelidikan menyusul skandal pemalsuan data di Kobe Steel, perusahaan baja terbesar ketiga di Jepang. Mitsubishi Materials memiliki saham 45% dalam usaha patungan tabung tembaga dengan Kobe Steel, termasuk pabrik Hatano, pusat skandal pemalsuan.

Kobe Steel telah mengakui bahwa telah melakukan kesalahan terkait pemeriksaan akhir produk. Alhasil kejadian ini berimbas pada pabrikan mobil, pesawat terbang, dan perusahaan lain memeriksa keamanan produk mereka.

Keyakinan dalam kecakapan manufaktur Jepang juga mendapat pukulan dari beberapa pengungkapan baru-baru ini bahwa mobil Nissan dan Subaru telah gagal memenuhi prosedur pemeriksaan akhir selama beberapa dekade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper