Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengendalian Impor Dinilai Akan Tekan Penjualan Motor Gede

Para pelaku usaha kendaraan roda dua menilai penjualan kendaraan roda dua mereka yang diimpor secara utuh atau completely built up akan terpengaruh dengan kebijakan pemerintah yang melakukan pengendalian impor.
All New Honda CBR250RR. /Bisnis.com-Arif Gunawan
All New Honda CBR250RR. /Bisnis.com-Arif Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA—Para pelaku usaha kendaraan roda dua menilai penjualan kendaraan roda dua mereka yang diimpor secara utuh atau completely built up akan terpengaruh dengan kebijakan pemerintah yang melakukan pengendalian impor.

General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Ignatius Didi Kwok, mengungkapkan kenaikan PPh pasal 22 yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengendalikan impor CBU akan memengaruhi impor model sepeda motor besar perusahaan karena harganya akan mengalami kenaikan.

“Sedikit banyak kenaikan PPh [pajak penghasilan] ini akan memengaruhi importasi big bike model karena harganya akan naik,” kata Didi kepada Bisnis, Minggu (9/9/2018).

Meskipun begitu, lanjutnya, pihaknya memahami kebijakan pemerintah tersebut karena dimaksudkan untuk mengendalikan defisit neraca transaksi berjalan.

Perusahaan akan menjelaskan ke konsumen terkait kenaikan harga yang terjadi jika produk-produk yang diimpor secara utuh mengalami kenaikan harga. “Bila ada kenaikan harga, maka kami akan menjelaskan ke konsumen kenapa harga naik cukup besar,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya berharap kebijakan pemerintah dalam rangka mengendalikan impor kendaraan secara utuh tidak akan terlalu berdampak terhadap permintaan karena karakter konsumen di segmen sepeda motor besar berbeda dengan konsumen sepeda motor di segmen lainnya.

Menurutnya, karakter konsumen kendaraan roda di segmen lainnya lebih sensitif terhadap kenaikan harga produk dibandingkan konsumen model sepeda motor besar.

Untuk diketahui, saat ini, produk-produk big bike Honda antara lain Gold Wing, CBR1000RR, CRF1000L Africa Twin, CB650F, CB500X, CB500F, CBR500RR, dan CMX500Rebel

Manager Public Relation PT YIMM Antonius Widiantoro, mengungkapkan masih mempelajari kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait dengan pengendalian impor kendaraan secara utuh, termasuk roda dua.

“Penerapan aturan tersebut pasti akan berpengaruh terhadap barang-barang CBU yang diimpor. Namun, kami masih mempelajarinya,” katanya.

Adapun produk-produk CBU Yamaha seperti, all new R1M, all new R1, MT09, R6, WR250R, dan MT09 Tracer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper