Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sukses Berlaga di Jepang, Ini Keunggulan Mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi

Tim Ulil Albab Student Center (UASC) Electric Vehicle di bawah naungan Universitas Islam Indonesia membuktikan bahwa anak bangsa mampu berinovasi dalam perkembangan teknologi.
Tim UASC Electric Vehicle. /Bisnis.com
Tim UASC Electric Vehicle. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Ulil Albab Student Center (UASC) Electric Vehicle di bawah naungan Universitas Islam Indonesia membuktikan bahwa anak bangsa mampu berinovasi dalam perkembangan teknologi. Adaro Kaliurang Unisi, mobil listrik yang dikembangkannya, pun sukses ikut perlombaan bergensi di Jepang pada 4-8 september 2018.

Dengan Adaro Kaliurang Unisi, UASC Electric Vehicle adalah satu-satunya tim universitas swasta se- Indonesia yang mampu lolos seleksi dalam ajang tahunan bergengsi Formula Society of Automotive Engineers (FSAE).

Hebatnya, mobil listrik Adaro Kaliurang Unisi ini mengunakan sistem car control unit yang dibuat sendiri oleh UASC Electric Vehicle. Car control unit adalah komponen penting untuk mengendalikan semua perangkat dalam mobil alias otak dari sebuah mobil.

Adaro Kaliurang Unisi ini juga dilengkapi dengan sistem data logger dan telemetry. Sistem data logger memungkinkan mobil mencatat semua kebutuhan data teknis secara otomatis, sementara itu sistem telemetry membuat tim dapat memantau mobil dari paddock.

Telemetry adalah teknologi yang sistem kerjanya seperti Formula 1, yang mana semua data kondisi mobil seperti kondisi baterai, suhu motor, dan lain-lain ditampilkan pada satu layar secara otomatis.

"Kedua teknologi ini, yakni sistem data logger dan telemetry, belum dimiliki mobil listrik buatan mahasiswa dari universitas lainnya, kata Karina, anggota tim manajemen UASC Electric Vehicle, dalam keterangannya, Selasa (18/9/2018).

Keunggulan lain yang dimiliki oleh mobil listrik Adaro Kaliurang Unisi adalah teknologi cooling system yang belum ada di generasi mobil listrik sebelumnya.

Tak hanya itu, Adaro Kaliurang Unisi ini dibuat dengan menggunakan carbon fiber body material dengan proses vacuum infusion yang membuat badan mobil berbobot lebih ringan, serta bentuk desain aerodinamis yang lebih optimal sehingga meminimalkan drag dan meningkatkan downforce.

Sukses Berlaga di Jepang, Ini Keunggulan Mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi

Berkat sejumlah keunggulan tersebut, serangkaian penilaian dari tim juri selama ajang FSAE Jepang terhadap Adaro Kaliurang Unisi ini membuahkan hasil yang cukup memuaskan.

Adaro Kaliurang Unisi dapat lolos dari tahap seleksi penilaian EV Zero, sebagai salah satu pendatang baru dalam ajang lomba FSAE Jepang untuk lolos dalam tahap penilaian EV Zero bukanlah hal yang mudah.

Selain itu, para juri juga sangat mengapresiasi Tim UASC UII atas pemilihan bahan dasar pembuatan bodi mobil yang menggunakan bahan carbon fiber.

Dari segi desain, mobil Adaro Kaliurang Unisi juga mendapat penilaian positif dari para juri. Mobil Adaro Kaliurang Unisi mendapat penghargaan desain terbaik sebagai pendatang baru dalam ajang lomba ini.

"Tim UASC UII berharap pencapaian ini dapat memacu semangat untuk memperbaiki beberapa kesalahan dan memotivasi agar dapat mengembangkan mobil listrik dan dapat mendapatkan gelar juara pada kompetisi FSAE 2019," kata Karina.

Sukses Berlaga di Jepang, Ini Keunggulan Mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper