Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai & Kia Tambah Investasi di Grab US$250 Juta

Hyundai Motor Company (Hyundai) dan Kia Motors Corporation (Kia) akan menginvestasikan tambahan US$ 250 juta ke Grab, dan membangun kemitraan untuk memulai program mobil listrik di Asia Tenggara.
Youngcho Chi, Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group dan Kepala Divisi Strategi & Teknologi; dan Ming Maa, Presiden Grab. /HYUNDAI
Youngcho Chi, Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group dan Kepala Divisi Strategi & Teknologi; dan Ming Maa, Presiden Grab. /HYUNDAI

Bisnis.com, SEOUL - Hyundai Motor Company (Hyundai) dan Kia Motors Corporation (Kia) akan menginvestasikan tambahan US$ 250 juta ke Grab, dan membangun kemitraan untuk memulai program mobil listrik di Asia Tenggara.

Rencana Hyundai dan Kia tersebut tertuang dalam kesepakatan dengan Grab Holdings Inc. (Grab), platform seluler O2O terkemuka di Asia Tenggara, yang diumumkan pada Rabu (7/11/2018).

Di bawah kemitraan EV, Grab dan afiliasi Hyundai Motor Group akan mempertemukan para pemangku kepentingan dari industri EV untuk berkolaborasi pada langkah-langkah untuk meningkatkan adopsi dan kesadaran EV di Asia Tenggara.

"Sebagai rumah bagi salah satu hub konsumen yang tumbuh paling cepat di dunia, Asia Tenggara adalah pasar yang berkembang pesat untuk EVs," kata Youngcho Chi, Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group dan Kepala Divisi Strategi & Teknologi.

Menurutnya, dengan jejak yang tak tertandingi di seluruh wilayah, dan basis pelanggan dan pedagang yang terus berkembang, Grab adalah mitra yang tak ternilai yang akan membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik di Asia Tenggara.

Untuk memulai, Grab, Hyundai dan Kia akan meluncurkan serangkaian proyek percontohan EV di Asia Tenggara dimulai dengan Singapura pada 2019. Proyek percontohan akan fokus pada penggunaan EVs untuk memaksimalkan efisiensi biaya bagi mitra pengemudi Grab.

Kemitraan EV juga akan bekerja dengan para pemangku kepentingan regional termasuk pemerintah dan pemain infrastruktur untuk meningkatkan infrastruktur EV di wilayah tersebut, seperti membangun jaringan stasiun pengisian cepat.

Kemitraan EV juga akan mengeksplorasi pengembangan paket perawatan yang disesuaikan untuk driver Grab EV dan melakukan penelitian tentang bagaimana EV dapat paling efisien diterapkan di Asia Tenggara di bawah kondisi iklim yang panas dan lembab.

“Sebagai pemilik armada EVs terbesar di Singapura, kami bersemangat untuk membangun kemitraan industri dengan Hyundai Motor Group untuk mendorong adopsi EV di seluruh Asia Tenggara. Kami berdua berbagi visi yang sama tentang elektrifikasi mobilitas sebagai salah satu fondasi kunci untuk membangun platform transportasi yang ramah lingkungan dan biaya terendah,” kata Ming Maa, Presiden Grab.

Ketiga perusahaan juga akan mengeksplorasi cara menyesuaikan EV untuk mengoptimalkannya untuk platform layanan mobilitas.

Investasi tambahan ini didasarkan pada kemitraan strategis Grab dengan Hyundai dan membawa penggalangan dana Grab ke US$2,7 miliar. Grab berada di jalur untuk mengumpulkan lebih dari US$ 3 miliar pada akhir tahun ini.

Investor dalam putaran pendanaan Grab saat ini termasuk Holdings Pemesanan, Microsoft, Toyota, dan lembaga keuangan global seperti OppenheimerFunds, Goldman Sachs Investment Partners, dan Citi Ventures.

Hyundai pertama kali berinvestasi di Grab pada bulan Januari, dan kedua perusahaan mulai mengeksplorasi kolaborasi di sektor EV. Inisiatif terbaru Grab, yang memperluas kerja samanya dengan grup otomotif Korea untuk memasukkan Kia, adalah tonggak penting dalam upaya berkelanjutan perusahaan untuk mempromosikan penggunaan EV di Asia Tenggara.

Pada Agustus, Grab mengumumkan kemitraan dengan penyedia energi utilitas Singapura, SP Group, untuk menggunakan jaringan pengisian EV publik SP Grup untuk EVs-nya.

Dengan komitmen untuk mendorong inovasi yang akan meningkatkan pijakannya di pasar mobilitas masa depan, Hyundai dan Kia telah melakukan investasi strategis yang signifikan dalam memulai usaha yang menjanjikan.

Dari teknologi seperti mengemudi otonom dan kecerdasan buatan, hingga berbagi tumpangan dan hal-hal di antaranya, Hyundai Motor Group membangun jaringan pakar industri yang akan berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan orang melalui pengembangan layanan mobilitas inovatif.

Sejalan dengan tujuannya untuk menjadi pemimpin dalam mobilitas bersih, Grup juga berencana untuk mengembangkan lebih dari dua kali lipat jumlah model ramah lingkungannya menjadi 38 pada tahun 2025.

Grab adalah salah satu platform O2O seluler yang paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan layanan sehari-hari yang paling penting bagi konsumen.

Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh ke lebih dari 125 juta perangkat seluler, memberi pengguna akses ke lebih dari 8 juta pengemudi, pedagang, dan agen. Grab memiliki armada transportasi darat terbesar di kawasan itu dan telah menyelesaikan lebih dari 2,5 miliar wahana sejak didirikan pada 2012.

Grab menawarkan jangkauan terluas layanan transportasi on-demand di kawasan itu, di samping layanan pengiriman makanan dan paket, di 235 kota dalam delapan negara-negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper