Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Tabrak Asean NCAP : Confero Cuma Dapat 1 Bintang, Ini Jawaban Wuling

Asean New Car Assesment Program (NCAP) menunjukkan hasil uji tabrak terbaru pada kendaraan penumpang (low MPV) Wuling Confero yang hanya mendapatkan satu bintang.
Wuling Confero. /wuling.id
Wuling Confero. /wuling.id

Bisnis.com, JAKARTA - Asean New Car Assesment Program (NCAP) menunjukkan hasil uji tabrak terbaru pada kendaraan penumpang (low MPV) Wuling Confero yang hanya mendapatkan satu bintang.

Technical lab crash specialist Asean NCAP Yahaya Ahmad menuturkan hasil tersebut didapat dari pengujian pada November pada unit Wuling Confero varian terbawah yang belum memiliki kantung udara (airbag).

"Pada GIIAS 2018 Agustus lalu, kami melihat mencari mobil-mobil yang belum uji tabrak. Hasilnya, kami melihat Wuling Confero. Kami membeli dan membawanya ke markas kami di Malaysia," kata Yahaya pada pertemuan Vehicle Safety Course (VSC) Asean NCAP di Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/11).

"Kami juga mencari mobil yang belum dilengkapi keselamatan kantung udara. Confero tipe terendah belum dilengkapi itu," kata dia.

Berdasarkan laporan ASEAN NCAP 2012-2018, sejumlah MPV yang dijual di Indonesia sudah melakukan uji tabrak dengan hasil yang beragam.

Model populer seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina dan Suzuki Ertiga menyabet bintang 4 untuk keselamatan penumpang dewasa dan bintang 2 pada keselamatan anak-anak.

Mitsubishi Xpander juga meraih bintang empat dalam penilaian single rating pada pengujian yang digelar Januari 2018.

Di sisi lain, pihak SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) menekankan kendati belum mengusung airbag, namun Confero varian dasar sudah sesuai dengan regulasi pemerintah.

"Pengujiannya memakai Confero yang standard (varian terbawah) yang sebenernya sudah sesuai dgn Indonesian Government Regulation," kata Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, saat dihubungi Kamis (15/1/208) siang.

Ia menambahkan, "Mengenai fitur keselamatannya sudah dilengkapi dengan auto door lock by speed, ISOFIX, safety child lock & seatbelt reminder for both the driver and co-driver."

Ketika ditanya apakah Wuling ingin mengetes varian terlaris Wuling Convero S L di Asean NCAP, Dian menjawab "masih mau didiskusikan internal."

Asean NCAP pada 13-14 November mengajak sejumlah pewarta otomotif, instansi pemerintah hingga perwakilan APM untuk mengenal berbagai teknologi keselamatan terkini yang sudah diterapkan pabrikan otomotif di berbagai negara, melalui acara Vehicle Safety Course (VSC) di Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper