Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scania Transport Laboratory Unjuk Armada Bebas Fosil

Pergeseran menuju transportasi bebas fosil adalah hal yang diperlukan dan mungkin terwujud di sini dan saat ini. Scania memimpin dengan menawarkan berbagai kendaraan alternatif untuk bahan bakar fosil.
Armada logistik Scanian bebas bahan bakar fosil. /VOLKSWAGEN
Armada logistik Scanian bebas bahan bakar fosil. /VOLKSWAGEN

Bisnis.com, WOLFBURG - Pergeseran menuju transportasi bebas fosil adalah hal yang diperlukan dan mungkin terwujud di sini dan saat ini. Scania memimpin dengan menawarkan berbagai kendaraan alternatif untuk bahan bakar fosil.

Dalam operasi transportasi jarak pendek dan jarak jauhnya, Scania kini menunjukkan semua peluang pengurangan emisi karbon secara langsung hingga lebih dari 95%.

Mencerminkan operasi pelanggan; mengurangi konsumsi bahan bakar

Transpor internal ini dilakukan oleh Scania Transport Laboratory, yang didirikan pada 2008 sebagai perpanjangan dari Penelitian dan Pengembangan untuk pengalaman di jalan yang mencerminkan operasi pelanggan yang sebenarnya.

Setiap hari, haulier mengoperasikan delapan kombinasi truk dan trailer antara pabrik-pabrik di Södertälje, Swedia, dan Zwolle di Belanda; setiap truk dikemudikan selama kurang lebih 400.000 kilometer per tahun. Itu sesuai dengan tiga kali penyebaran operasional normal, memungkinkan Scania untuk cepat menilai kualitas dan kinerja produk.

Dalam operasi ini dari 2008 hingga 2018, Scania secara bertahap mengurangi konsumsi bahan bakar menjadi 23,9 liter per 100 kilometer, melalui serangkaian peningkatan efisiensi. Awalnya, fokusnya adalah pada spesifikasi yang dioptimalkan, diikuti oleh skema pelatihan pengemudi khusus.

Dari awal operasi, kecepatan ditetapkan pada 80 kilometer per jam, yang dengan sendirinya mengurangi konsumsi bahan bakar hingga sepuluh persen dengan manfaat tambahan dari biaya perbaikan dan perawatan yang lebih rendah, dan risiko kecelakaan yang berkurang. Dua tahun kemudian, ekor kapal ditambahkan ke trailer, dan kemudian traktor dengan trailer ganda diperkenalkan, dengan total panjang 32 meter.

Mengurangi emisi karbon hampir setengahnya

Scania Transport Laboratory terdiri dari total 45 truk dan pelatih, di mana 14 adalah traktor untuk transportasi jarak jauh antara Swedia dan Belanda. 22 truk yang tersisa dikerahkan dalam transportasi jarak pendek, terutama antara unit produksi di Södertälje. Selain itu, laboratorium transportasi mengoperasikan lima pelatih staf antara Stockholm dan Södertälje.

Awalnya, jejak karbon yang dihasilkan oleh transportasi ini adalah 65 gram per ton-kilometer, yang pada 2017 telah berkurang menjadi 28 gram per ton-kilometer. Pengurangan ini terutama dicapai melalui konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, tetapi mengoperasikan truk etanol, gas dan hibrida di rute lokal juga berkontribusi.

Sebuah saklar strategis ke HVO

Awal tahun ini, lab transportasi mengambil keputusan strategis untuk secara eksklusif beroperasi pada Hydrotreated Vegetable Oil (HVO) alternatif karbon hampir nol untuk diesel yang tersedia di Swedia. HVO sekarang menyumbang lebih dari 90 persen penggunaan bahan bakar tahunan laboratorium sekitar 1,6 juta liter.

"Pada perjalanan ke dan dari Zwolle kami berjalan dekat dengan tangki kosong, tetapi pengemudi kami dilatih untuk menghemat bahan bakar sebanyak mungkin dalam perjalanan sejauh 1.500 kilometer," kata Jan Björkund, Managing Director Scania Transport Laboratory.

Karena laboratorium mengembalikan data operasional yang sangat berharga ke R & D Scania, maka sangat antusias untuk menguji kendaraan terbaru. Nanti musim gugur ini, armada akan mencakup unit traktor biogas cair, serta generasi terbaru Scania biogas terkompresi, etanol bertenaga dan truk hibrida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper