Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 SMA di Papua Tak Bisa Laksanakan UNBK 2018

Hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 12 SMA dan Madrasah Aliyah di Papua masih mengalami hambatan telekomunikasi sehingga akhirnya ujian dilaksanakan secara offline.
Siswa SLTA tengah menempuh UNBK 2017/Antara
Siswa SLTA tengah menempuh UNBK 2017/Antara

Bisnis.com, JAYAPURA - Hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 12 SMA dan Madrasah Aliyah di Papua masih mengalami hambatan telekomunikasi sehingga akhirnya ujian dilaksanakan secara "offline".

Sekretaris Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan dan Pengajaran Papua Bedjo, di Jayapura, Rabu (11/4/2018) mengatakan, lima sekolah yang tidak bisa melaksanakan UNBK dan beralih ke "offline" tersebar di Kota dan Kabupaten Jayapura, Sarmi dan Kabupaten Merauke.

Walaupun ada yang melaksanakan secara offline namun secara keseluruhan ujian nasional untuk tingkat SMA dan sekolah sederajat berlangsung lancar.

Adapun perbedaan antara UNBK online dan offline adalah bila online peserta langsung terhubung dengan internet secara langsung dengan token untuk membuka soal sedangkan secara offline adalah tokennya dikirim dengan menggunakan pesan singkat (sms).

Token tersebut berupa kode untuk membuka soal sehingga baik online maupun offline tetap menggunakan komputer, kata Bedjo seraya menambahkan, untuk peserta yang mengerjakan secara offline setelah selesai mengisi soal baru menggunakan internet untuk mengirim jawabannya.

Walaupun ada 12 sekolah yang melaksanakan UNBK secara offline namun secara keseluruhan pelaksanaan ujian akhir berlangsung lancar.

UNBK di Papua dilaksanakan di 13 kabupaten/kota dengan jumlah sekolah yang melaksanakan sebanyak 117 sekolah, kata Bedjo.

Sementara itu GM Telkom Papua Lonely Baringin Manaranap secara terpisah mengatakan, saat ini tercatat 109 SMA di Papua yang menjalin kerjasama dengan Telkom sehingga menjadi priotitas dalam pelayanan khususnya dalam pelaksanaan UNBK.

Telkom sudah mengalokasikan sekitar 3MB untuk tiap sekolah yang melaksanakan unbk sehingga diharapkan tidak ada kendala dalam pelaksanaannya, kata Manaranap.

UNBK berlangsung hingga Kamis (12/4/2018) dengan materi empat mata pelajaran di antaranya bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, serta soal yang sesuai jurusan (IPA,IPS dan bahasa).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler