Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2018, Penerbangan Timika-Denpasar-Jakarta Penuh Hingga 16 Juni

Penerbangan rute Timika-Denpasar-Jakarta maupun rute Timika-Makassar-Jakarta yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air penuh karena sudah tiketnya diborong habis oleh para calon penumpang terhitung sejak 8 Juni hingga 16 Juni.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, TIMIKA—Penerbangan rute Timika-Denpasar-Jakarta maupun rute Timika-Makassar-Jakarta yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air penuh karena sudah tiketnya diborong habis oleh para calon penumpang terhitung sejak 8 Juni hingga 16 Juni.

Manajer Sales dan Pelayanan Garuda Indonesia Cabang Timika I Nyoman Teguh, Jumat (8/6/2018), mengatakan Garuda Indonesia tidak menambah kapasitas armada pesawat ataupun menambah frekuensi penerbangan ke Timika untuk mengangkut penumpang mudik Lebaran.

"Kami tidak mengoperasikan pesawat yang lebih besar ataupun menambah frekuensi penerbangan ke Timika karena kondisi di Bandara Mozes Kilangin Timika yang memang tidak memungkinkan untuk itu," kata Nyoman.

Garuda Indonesia kini mengoperasikan dua pesawat berbadan lebar Boeing 737 seri 800 untuk melayani rute penerbangan Timika-Denpasar-Jakarta dan Timika-Makassar-Jakarta setiap hari dengan kuota penumpang untuk Timika sebanyak 150 orang kelas ekonomi dan 12 orang kelas bisnis.

Nyoman mengatakan harga tiket yang dijual kepada para calon penumpang masih dalam taraf normal di bawah batas atas dengan kisaran Rp3,3 juta (kelas ekonomi) dan lebih dari Rp4 juta (kelas bisnis) untuk jurusan Makassar.

"Sekarang ini baik tiket kelas ekonomi maupun tiket kelas bisnis untuk rute Timika-Makassar-Denpasar-Jakarta sudah penuh alias tidak dijual lagi. Terkecuali ada penumpang yang batal berangkat mungkin bisa dilakukan penggantian. Kami memastikan tidak ada kenaikan harga tiket," jelas Nyoman.

Ia mengatakan tingginya arus penumpang keluar dari Timika ke wilayah barat terutama Makassar dan Jakarta kali ini lantaran hari raya Lebaran bertepatan dengan liburan sekolah.

Kepada para calon penumpang, diminta untuk melakukan reservasi di Bandara Timika dua jam sebelum keberangkatan.

"Dengan kondisi penumpang lagi ramai seperti sekarang diharapkan para penumpang datang lebih awal di Bandara, apalagi jika berangkat bersama rombongan keluarga dengan membawa barang yang cukup banyak," kata Nyoman.

Kondisi serupa juga dialami maskapai penerbangan Sriwijaya Air.

Kepala Cabang Sriwijaya Air Timika, James mengatakan tiket penerbangan Sriwijaya Air rute Timika-Makassar-Jakarta sudah penuh hingga 16 Juni.

Pihak Sriwijaya Air menyarankan kepada para calon penumpang yang belum memiliki tiket namun harus melakukan perjalanan untuk mudik Lebaran atau berbagai urusan lainnya di wilayah barat agar melakukan perjalanan ke Jayapura terlebih dahulu untuk memperoleh tiket penerbangan melalui rute Biak atau rute Merauke.

"Kalau sekarang sudah penuh sekali apalagi Timika hanya dilayani oleh Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia. Kami sarankan penumpang harus ke Jayapura terlebih dahulu untuk bisa terbang dengan Sriwijaya Air melalui rute ujung Merauke-Makassar atau Biak-Makassar," kata James.

Pihak Sriwijaya Air juga tidak akan menambah frekuensi penerbangan ke Timika untuk mengangkut penumpang yang hendak mudik Lebaran.

Kini maskapai Sriwijaya Air mengoperasikan pesawat berbadan lebar Boeing 737 seri 800 ke Timika dengan kapasitas penumpang sebanyak 218 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler