Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mayarakat Masih Minim Pemahaman Tinggal di Apartemen

Inner City Management mengklaim masih banyak masyarakat yang minim akan pemahaman tinggal di apartemen. Hal ini membuat jasa pengolaan gedung semakin memiliki tantangan yang berat.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Inner City Management mengklaim masih banyak masyarakat yang minim akan pemahaman tinggal di apartemen. Hal ini membuat jasa pengolaan gedung semakin memiliki tantangan yang berat.

Direktur Inner City Management (ICM) Bambang Setiobudi mengatakan masalah utama yang sering dihadapi oleh pengelola gedung adalah banyak pemilik atau penghuni kurang memahami aturan tinggal di bangunan vertikal yang memiliki kepemilikan bersama yang mencakup tanah, benda, dan bagian bersama.

Semua fasiltas bersama dan fisik gedung harus dirawat dan diperbaiki, karena  jika rusak biaya yang dikeluarkan tidak murah. Untuk itulah fungsi adanya iuran pengeloalaan lingkungan atau IPL.

“Padahal setiap apartemen  memiliki aturan main yang biasa disebut house rules, tetapi sering tidak dijadikan pedoman oleh penghuni, mungkin karena kurang memahami peraturannya. Sehingga, banyak pelanggaran yang sebetulnya tidak perlu terjadi kalau para pemilik atau penghuni paham betul aturan mainnya,” katanya dalam siaran pers, Minggu (5/3/2017).

Meski begitu, Bambang meminta kepada seluruh karyawan ICM yang kini berjumlah sekitar 9.000 orang untuk tetap semangat, dan menjadikan situasi seperti ini sebagai tantangan yang harus dicarikan pendekatan yang tepat. Baginya, dalam pelayanan jasa pengelolaan gedung hunian, komunikasi menjadi kata kunci keberhasilan. Jasa pengelola harus memiliki kemampuan lebih dalam mengelola komunikasi secara efisien dan efektif.

Untuk itu, setiap karyawan badan pengelola dituntut mampu melibatkan pemilik dan penghuni dalam satu komunikasi yang akrab. Agar penghuni merasa menjadi bagian dari keluarga besar apartemen, sehingga mereka terpanggil turut menjaga keamanan, kebersihan, dan kenyamanan tinggal di apartemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper