Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Data Program Perumahan, Kementerian PUPR Manfaatkan e-Monitoring

Kementerian PUPR melalui Ditjen Penyediaan Perumahan terus mendorong pendataan program perumahan melalui sistem e-monitoring.
pembangunan rumah di Bandung./JIBI-Rachman
pembangunan rumah di Bandung./JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian PUPR melalui Ditjen Penyediaan Perumahan terus mendorong pendataan program perumahan melalui sistem e-monitoring.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanudin mengatakan hal itu dilaksanakan agar pemantauan pembangunan di lapangan dapat di ketahui secara cepat dan mendorong transparansi program Kementerian PUPR di sektor perumahan.

"Adanya sistem e-monitoring ini akan memudahkan pemantauan hasil pembangunan perumahan yang ada di lapangan," ujarnya seperti yang dikutip dari siaran persnya Jumat (17/8)

Saat ini, kata Syarif, tujuan akhir pembangunan perumahan bukan hanya selesai saat bangunan rumah untuk masyarakat di seluruh wilayah Indonesia selesai dibangun. Akan tetapi bagaimana rumah yang dibangun tersebut bisa segera dihuni oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Sistem e-monitoring perumahan ini tidak hanya untuk memantau pembangunan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR pusat saja, tapi juga Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan yang ada di setiap provinsi di Indonesia.

"Para petugas yang bertanggung jawab dalam pengisian data e-monitoring perumahan ini harus teliti, dan cepat dalam melaksanakan tugasnya. Jika ada data yang kirang dari salah satu SNVT tentu akan mempengaruhi seluruh kinerja Kementerian," tandasnya.

Data yang ada di sistem e-monitoring, kata Syarif, juga menjadi pokok bahasan para pimpinan termasuk Menteri PUPR dalam menentukan kebijakan yang harus diambil. Sebab, dari sana dapat diketahui gambaran apakah pembangunan perumahan di daerah berjalan dengan baik atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper