Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Indonesia Incar 2 Negara Ini

Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index menunjuukkan apartemen di Singapura menjadi incaran utama para investor properti dari Indonesia.
Singapura/Istimewa
Singapura/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index menunjukkan apartemen di Singapura menjadi incaran utama para investor properti dari Indonesia.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index merupakan survei yang dilakukan rumah.com bersama lembaga riset Intuit Research, Singapura dengan total 1.030 responden dari seluruh Indonesia. Survei ini berlangsung selama November-Desember 2016.

Sementara itu, Wasudewan, Country Manager Rumah.com  mengungkapkan bahwa untuk kategori rumah tapak, maka para investor menempatkan Australia sebagai pilihan utama. Dia menjelaskan alasan utama mereka membeli properti di luar negeri karena potensi meraih keuntungan yang lebih baik.

“Dengan infrastruktur dan stabilitas keamanan yang baik, tidak mengherankan jika Singapura menjadi pilihan para investor dari Indonesia maupun negara lain di sekitarnya. Karena infrastruktur juga mempengaruhi kualitas gaya hidup masyarakatnya, termasuk para ekspatriat yang menyewa berbagai hunian di Singapura,” katanya melalui siaran persnya dikutip Senin (17/4/217).

 Singapura juga memiliki akses transportasi yang bagus untuk menghubungkan warganya secara lokal maupun internasional. Ini pula yang menyebabkan Singapura diganjar penghargaan sebagai lokasi terbaik di Asia pilihan ekspatriat dan peringkat 25 secara global dari survei Quality of Living yang digelar Mercer awal tahun ini.

Hasil survei ini sejalan dengan data dari Cushman & Wakefield, perusahaan konsultan properti internasional yang menyebutkan bahwa pada semester I-2016 lalu, orang Indonesia membeli 189 properti dari berbagai kategori di Singapura, sebuah peningkatan lebih dari 23 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara, pembelian dari warga negara China dan Malaysia mengalami penurunan pada kuartal II’ 2016, transaksi dari warga negara Indonesia justru naik sebesar 19 persen pada periode yang sama.

Menurut perusahaan properti Propnex Realty Pte, dikutip dari propertyguru.com.sg, yang menangani penjualan kondominium mewah OUE Twin Peaks di kawasan Orchard Road, Singapura, pengembang kondominium tersebut telah menjual hampir separuh dari penjualan tahap pertama sejumlah 86 unit dengan kisaran harga S$ 4 juta, orang Indonesia menjadi pembeli utama dari luar Singapura.

 

Berikut adalah alasan orang Indonesia membeli properti di luar negeri seperti yang dikutip dari rumah.com

Alasan

Persentase (%)

Menawarkan keuntungan lebih besar

67

Hasil sewa lebih tinggi

37

Bekal masa pensiun

35

Merupakan negara asal bagi keluarga saya

35

Rencana pendidikan bagi anak

34

Lingkungan yang lebih baik

30

Perlindungan terhadap inflasi dan risiko depresiasi mata uang

28

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper