Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perumnas Kenalkan Inovasi Konstrusi Precast Rumah Yang Efisien

Perum Perumnas mengenalkan inovasi konstruksi baru dengan teknologi precast untuk membangun rumah sederhana yang layak huni dan terjangkau.

JAKARTA—Perum Perumnas mengenalkan inovasi konstruksi baru dengan teknologi precast untuk membangun rumah sederhana yang layak huni dan terjangkau.

Kamal Kusmantoro, Direktur Produksi Perum Perumnas menuturkan saat ini mayoritas penduduk Indonesia dengan segmen menengah bawah hanya mampu untuk melakukan cicilan sebesar Rp500.000 per bulan. 

Untuk memenuhi kemampuan cicil konsumen ini, Perumnas harus bisa menyediakan rumah-rumah yang ekonomis bagi mereka, baik itu dari segi harga tanah maupun biaya produksi, tanpa mengurangi kenyamanan, ketahanan dan kualitas bangunan. 

"Caranya adalah dengan mengefisiensikan biaya produksi melalui inovasi yaitu menerapkan konstruksi precast untuk membangun rumah yang dapat dijangkau oleh konsumen Perumnas,” jelasnya, Selasa (18/7). 

Dengan teknologi precast tersebut, kontruksi dasar rumah bisa dibangun dalam waktu tiga jam. Untuk penyelesaiannya, rumah tersebut memakan waktu sekitar kurang dari dua minggu.

Direktur Korporasi dan Pengembangan Bisnis Perumnas Galih Prahananto menambahkan penelitian dan pengujian dari November 2016 pada beberapa bahan konstruksi. Dan dihasilkan bahwa beton precast merupakan salah satu solusi inovasi konstruksi berkualitas tinggi dengan biaya rendah. Selanjutnya pihaknya melakukan pengujian bahan beton precast ini pada rumah tapak, yang nantinya dapat  diterapkan untuk rumah rakyat, lanjutnya. 

“Kelebihan precast ini masa konstruksinya sangat singkat sekitar 2 minggu, hemat dalam penggunaan tenaga kerja, dan dari segi kualitas pun lebih baik daripada menggunakan batu bata," jelasnya.

Perumnas telah melakukan uji coba pada 2 rumah contoh precast yang dibangun di Laboratorium ini, menunjukkan penggunaan beton precast dengan tebal dinding 7 cm pada rumah tapak ini dapat menurunkan harga konstruksi yang sebelumnya Rp 1.8 juta per meter persegi menjadi berkisar Rp 1.2 juta hingga Rp 1.4 juta per meter perseginya. Dari segi kesiapan pun dinding beton precast ini memiliki tekstur halus dan siap pengecatan, terangnya

Gagasan inovasi penggunaan precast untuk rumah tapak bagi MBR ini tentu akan menjawab kebutuhan pembangunan rumah secara masal dan penyediaan kemampuan cicil KPR konsumen Perumnas yang terjangkau nantinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper